RENUNGAN HARIAN (SENIN, 8 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN

SENIN, 8 AGUSTUS 2022

PEKAN BIASA XIX

Pw. St. Dominikus; St. Siriakus (Putih)

BACAAN I: Yeh. 1:2-5.24-2:1a

MAZMUR: 148:1-2.11-12ab.12c-14a;

BACAAN INJIL: Matius. 17:22-27

“Tetaplah penuh dalam cinta kasih dan kerendahan hati, dan jangan tinggalkan kemiskinan” demikian pesan St. Dominikus, sebelum meninggal. Santo Dominikus (1170-1221) mendirikan Ordo Pengkhotbah (OP) dengan pusat perhatian studi teologi, kesederhanaan hidup dan keterbukaan berbakti bagi orang-orang yang membutuhkan pertolongan.

Dalam kisah Injil han ini, seorang pemungut pajak datang kepada Petrus dan ber tanya, “Apakah gurumu tidak membayar pajak dua dirham?” Sesudahnya Yesus memberi pengajaran kepada Petrus dan para Murid-Nya yang lain, jangan menjadi batu sandungan! Dan untuk itu, Yesus meminta Petrus untuk pergi memancing di danau. Di dalam mulut ikan pertama yang ditangkap, terdapat mata uang 4 dirham; uang tersebut dipakai untuk membayar pajak, pajak bagi Tuhan dan pajak bagi Petrus.

Pesan penting disampaikan Yesus kepada kita semua para pengikut-Nya. Dalam menjalankan tugas perutusan, kita selalu harus berpikiran panjang dan bersikap bijaksana perihal efek akibat sebuah langkah kebijakan. Sedemikian rupa kita cegah sikap “gegabah takabur”. Pokok pertanyaan, sejauh mana kita berkontribusi sehingga orang lain terbantu berjumpa dengan Tuhan dan bukan sebaliknya, justru menyulitkan dan menjadi penghalang. Pesan ini menjadi mendesak dan penting untuk kita semua hidupi khususnya di masa pandemi ini.

Kondisi kesehatan global yang semakin darurat menuntut “tak seorang pun bisa menghadapi hidup sendirian’ Waktunya sudah tiba mewujudkan “mimpi sebagai satu keluarga umat manusia” di mana kita adalah “saudara dan saudari semua” (Ensiklik Fratelli Tutti). Kita mohon pertolongan St. Dominikus, semoga bakti dan doanya terus mengobarkan Gereja menjadi pendengar dan pelaksana Sabda, yang membantu orang lain mengalami kemurahan kasih Tuhan.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN (SENIN, 8 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel