RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 28 AGUSTUS 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 28 AGUSTUS 2022

Pw. St. Agustinus Uskup

PEKAN BIASA XXII (HIJAU)

BACAAN I: Sir. 3:19-21.30-31;

Mzm. 68:4-5ac.6-7ab.10-11; 

BACAAN II: Ibr. 12:18-19.22-24a; 

BACAAN INJIL: Lukas 14:1.7-14

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu, supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah. Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan." Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: "Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya. Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta. Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar."

RENUNGAN:

Pada hari Minggu biasa ke-22 ini, kita diajak agar menjadi pribadi-pribadi yang rendah hati. Kerendahan hati itu diungkapkan dengan tidak mau menonjolkan diri meskipun memiliki kemampuan dan mau mendahulukan orang lain daripada diri sendiri. Yesus berkata, "Apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah." Orang yang rendah hati akan mendapatkan tempat yang tinggi dan terhormat di hadapan Tuhan. 

Dalam kehidupan sehari-hari, kita kadang mempunyai keinginan agar orang lain mengetahui gelar dan jabatan kita, menghormati dan menempatkan kita lebih tinggi dibandingkan dengan yang lain, selalu ingin dinomorsatukan dalam segala hal. Namun, sebagai murid Kristus, kita diajak untuk berubah. Jika hidup kita memang baik, ramah, sopan, berjiwa sosial, dan rendah hati, tanpa kita menginginkannya pun orang lain akan segan dan hormat kepada kita. Kita juga diajak untuk lebih senang menghormati daripada dihormati, melayani daripada dilayani, memberi daripada menerima, mendahulukan orang lain daripada diri sendiri. Biarlah orang lain semakin besar dan kita semakin kecil. 

Allah Bapa Yang Mahabaik, semoga firman-Mu hari ini membuat kami semakin terbuka akan teladan-Mu yang mau berkorban dan melayani hidup kami setiap saat. Amin. 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 28 AGUSTUS 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel