RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 14 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 14 JUNI 2022

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

BACAAN I:1Raj. 21:17-29

MAZMUR: 51:3-4.5-6a.11.16;

BACAAN INJIL: Matius 5:43-48

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

RENUNGAN

Mencintai orang yang mencintai kita tidaklah sulit. Namun, tidak demikian dengan mencintai orang yang tidak mencintai kita, apalagi mencintai orang yang menjadi lawan kita. Tetapi, hukum baru yang dicanangkan Yesus Kristus tidak memberikan tempat bagi adanya musuh dan kebencian. Kasih sejati mampu mengatasi segala hambatan dan kesulitan. Pada dasarnya, kita diharapkan melihat kenyataan ini: Orang yang membenci sebetulnya pantas dikasihani. Ia akan kehilangan kasih. Maka, harus dibantu dalam menghayati kasih dengan cara yang baru.

Menjadi seorang Kristiani adalah perjalanan ke batas terjauh ego kita: Kita diminta untuk mengasihi musuh. Tidak mudah. Tetapi, bukankah Yesus telah menjadi contoh bagi kita? Dalam derita, Yesus masih mampu mengampuni orang-orang yang menghina, menghujat, meludahi, dan menyalibkan-Nya. Mendiang Santo Yohanes Paulus II juga bisa menjadi contoh unggul bagi kita: Dia mengampuni Mehmet Ah Agca yang menembakinya hingga kritis. Bagaimana dengan kita? Apakah kita menyediakan hati kita untuk mengampuni sesama?

Ya Tuhan, ajaran dan hukum cinta kasih-Mu sungguh indah, namun tak mudah untuk dilaksanakan. Bantulah dan mampukanlah kami untuk dapat mencintai semua orang. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 14 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel