RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 10 JUNI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 10 JUNI 2022

PEKAN BIASA X (HIJAU)

St. Hendrikus Baizano

BACAAN I: 1Raj. 19:9a.11-16

MAZMUR: 27:7-8a.8b-9abc;

BACAAN INJIL: Matius 5:27-32

Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka. Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

RENUNGAN:

Menjadi seorang Kristiani tidak cukup hanya dengan berperilaku atau berbuat baik. Akan tetapi kita harus baik mulai dan pikiran dan niat kita. Motivasi dan intensi dan apa yang kita lakukan mesti sungguh-sungguh murni, sesuai martabat kita sebagai manusia Kristiani.Maka, tidak cukup orang memperhatikan hukum secara lahiriah, tetapi maksud dan tujuannya juga perlu menjadi nyata dalam pelaksanaannya. Cukup menarik diperhatikan bahwa orang kerap membela diri atas maksud dan kehendaknya. Terhadap orang lain, orang kerap kali menilai dan sekadar yang tampak, dan tidak menanyakan maksud dan kehendaknya.

Yesus, dalam Injil hari ini, mengajak kita untuk berpikiran jernih. Dengan berpikiran jernih. kita bisa “melahirkan” tindakan-tindakan yang sesuai martabat kita sebagai makhluk yang secitra dengan Allah. Mata, telinga, tangan, kaki, pikiran dan seluruh diri kita mesti terarah pada kebaikan, kasih, dan sukacita baik dalam hidup pribadi maupun hidup bersama. Dengan demikian, kita berpartisipasi atau mengambil bagian dalam misi Yesus menghadirkan sukacita dan harapan bagi dunia.

Tuhan, murnikanlah hati dan pikiran kami. Semoga kami mumpu menggunakannya sesuai martabat kami sebagai ciptaan yang secitra dengan-Mu. Jauhkan dari kami niat dan pikiran untuk mencelakakan orang lain. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 10 JUNI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel