RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 11 MEI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 11 MEI 2022

OKTAF PASKAH IV (PUTIH)

St. Ignatius Peis dr Lakoni

BACAAN I: Kis. 12:24-13:5a

MAZMUR: 67:2-3.5.6.8;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 12:44-50

DOA PAGI:

Allah Bapa Mahamulia, Engkaulah kehidupan umat beriman, kemegahan orang-orang kecil, dan kebahagiaan orang-orang saleh. Dengarkanlah doa-doa kami. Semoga mereka yang haus akan janji-Mu, Kaupuaskan dengan kelimpahan-Mu. Demi Kristus, Tuhan dan pengantara kami. Amin

<<<RENUNGAN>>>

Kalau kita mengamati anak-anak dalam suatu keluarga, kerap kali ada komentar: anak nomor satu itu wajahnya mirip ibunya. Anak bungsu, laki-laki persis bapaknya; apalagi cara bicara dan cara membawakan dirinya, perilakunya, santun dan menghormati orang lain. Peribahasa mengatakan, “Buah jatuh tidak jauh dan pohonnya”. 

Bapa Suci Fransiskus, melalui Surat Apostolik Patris Corde (dengan hati seorang bapa, 8 Desember 2020) dalam tema yang ketujuh mengatakan Santo Yosef sebagai “Seorang bapak dalam bayang-bayang”. Paus Fransiskus mengajak kita melihat Bapa yang di surga dalam diri kebapaan Santo Yosef. Kesetiaan, ketulusan, tanggung jawab, perhatian, kasihnya kepada Bunda Maria dan Yesus, keuletannya dalam bekerja, perjuangannya dan sikap menjaga serta melindunginya; semua itu mencerminkan pribadi Allah Bapa. “Santo Yusuf di hadapan Yesus adalah bayang-bayang di duma akan Bapa Surgawi” (Patris Corde 7).

Sabda Tuhan Yesus hari ini, “Barang siapa melihat Aku, ia melihat Dia yang mengutus Aku” (Yoh. 14:45). Kepada Filipus, murid-Nya, Yesus mengatakan, “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.” Yesus menanggapinya, “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barang siapa telah melihat Aku, ja telah melihat Bapa ...“ (Yoh. 14:8-9). Maka benarlah yang dikatakan oleh Santo Hieronimus, “Tidak mengenal Kitab Suci, berarti tidak mengenal Yesus. Di belakang kata-kata itu Santo Hieronimus mengajak kita semua untuk bersedia meluangkan waktu membuka dan membaca kitab suci. Dalam Perjanjian Baru, khususnya keempat Injil, kita akan mengetahui sabda, karya, dan hidup Yesus. Dalam Pribadi Yesus, dalam keseluruhan hidup-Nya itu, kita akan mengenali Pribadi Allah Bapa yang mengutus-Nya.

Begitu juga kita yang dengan baptisan telah diangkat menjadi anak-anak Allah, semestinya hidup kita mencerminkan sikap, perilaku, dan cara berpikir Tuhan Allah sendiri. Ini hanya mungkin terjadi bila kita mengenal pribadi Yesus. Mengenal hidup, sabda, dan karya-Nya. Apa yang diajarkan oleh Yesus; apa yang diperbuat oleh Yesus kepada para murid-Nya; bagaimana Yesus memperlakukan orang-orang kecil, berdosa, dan tersingkirkan. Maka bila kita mengenal Yesus dengan baik, tentunya peribahasa “Buah jatuh tak jauh dan pohonnya” ada dalam diri kita. Artinya, hidup, kata-kata, dan perilaku kita mencerminkan diri Yesus. Tuhan memberkati! 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 11 MEI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel