RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 FEBRUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 14 FEBRUARI 2022

PEKA BIASA VI

Pw. St Syrilus dan Metodius, Usk; (Putih)

BACAAN I: Yak. 1:1-11

MAZMUR: 119:67.68.71.72.75.76 

BACAAN INJIL: Markus 8:11-13

Lalu muncullah orang-orang Farisi dan bersoal jawab dengan Yesus. Untuk mencobai Dia mereka meminta dari pada-Nya suatu tanda dari sorga. Maka mengeluhlah Ia dalam hati-Nya dan berkata: "Mengapa angkatan ini meminta tanda? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya kepada angkatan ini sekali-kali tidak akan diberi tanda." Ia meninggalkan mereka; Ia naik pula ke perahu dan bertolak ke seberang.

Renungan:

Para juara dalam bidang olahraga akhirnya bisa memetik buah indah dengan mencapai puncak prestasi karena diawali oleh latihan yang sungguh-sungguh. Meskipun berat dan sering kali menyakitkan, mereka melakukan pelatihan dengan sabar, tekun, dan disiplln. Itulah yang mengantar mereka pada prestasi gemilang. Ilustrasi ini mengantar kita pada hidup beriman kita. Berbagai kesulitan dan pencobaan merupakan ujian atas iman, apakah kita setia dan tekun di dalamnya. Seorang beriman tidak mengutuki aneka pencobaan yang ia dihadapi, tetapi menghayatinya sebagai bagian dan proses hingga akhirnya rnenghasilkan buah yang matang.

Orang Farisi yang menuntut tanda dan Yesus tidak mengikuti cara berpikir Yesus, karena mereka hanya ingin memuaskan dan membenarkan diri sendiri sehingga apa pun yang dilakukan Yesus tidak akan membawa efek positif dalam hidup mereka. Hal ini sama dengan orang-orang yang sudah berpikiran negatif terhadap usaha, jasa, penampilan, dan cara kerja kita. Bagaimana pun penjelasan yang kita berikan, apa pun kenyataan baik yang terjadi karena kita, namun dalam pandangan mereka semua itu salah dan tidak berguna. Oleh sebab itu, sikap Yesus bisa jadi model bagi kita, yaitu dengan tidak memberikan “tanda” apa pun kepada mereka karena hal itu akan percuma.

Tuhan, semoga dalam setiap pencobaan kami tetap setia kepada-Mu hingga beroleh buah yang matang. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 14 FEBRUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel