RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 22 FEBRUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 22 FEBRUARI 2022

PESTA TAKHTA ST. PETRUS RASUL (PUTIH)

Sta. Margaretha dr Cortona

Bacaan I: 1Ptr. 5:1-4

Mazmur : 23:1-3a.3b-4.5.6

Bacaan II: Matius 16:13-19

BACAAN INJIL:

Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

RENUNGAN:

Hari ini, kita merayakan Pesta Takhta St. Pestrus. Dari namanya, pesta ini berkaitan dengan Takhta Suci. Tahkta Suci merupakan simbol otoritas dari penggembalaan dan pengajaran dalam Gereja Katolik. Petrus tidak hanya menasihati para penatua untuk menjadi gembala yang baik, yang sesuai dengan kehendah Allah, tetapi juga ia menjadi contoh gembala yang mau melayani kawanan domba yang dipercayakan kepadanya.

Petrus disebut berbahagia oleh Yesus karena ia mampu melihat Yesus dalam cara pandang Bapa di surga, yaitu sebagai Mesias, Anak Allah yang hidup. Oleh karena itu, ia dipercayakan untuk memegang kunci Kerajaan Surga: Apa yang ia lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga. Semoga kita pun mampu menyelaraskan sikap, harapan, tindakan, dan cara penggembalaan kita sesuai ‘kacamaa Allah’ sehingga pada akhirnya kita pun disebut berbahagia oleh Yesus. Selain itu, kita pun menjadi pribadi yang dapat dipercaya oleh Yesus untuk memegang ‘kunci’ Kerajaan Surga, sehingga semakin banyak orang dapat sampai ke rumah Bapa.

Ya Yesus, bimbinglah kami untuk menjadi gembala yang baik bagi kawanan domba yang Engkau percayakan kepada kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 22 FEBRUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel