RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 26 FEBRUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 26 FEBRUARI 2022

PEKAN BIASA VII (HIJAU)

St. Alezandra; St. Didakus Carvalho

BACAAN I: Yak. 5:13-20

MAZMUR: 141:1-2.3.8;

BACAAN INJIL : Markus 10:13-16

Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia menjamah mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu. Ketika Yesus melihat hal itu, Ia marah dan berkata kepada mereka: "Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan menghalang-halangi mereka, sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Allah. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa tidak menyambut Kerajaan Allah seperti seorang anak kecil, ia tidak akan masuk ke dalamnya." Lalu Ia memeluk anak-anak itu dan sambil meletakkan tangan-Nya atas mereka Ia memberkati mereka.

RENUNGAN:

Seorang mahasiswa pernah mengajukan pertanyaan berkaitan dengan Sakramen Baptis. Mengapa orang tua harus membaptiskan anaknya yang masih bayi? Bukankah itu melanggar hak asasi anak karena anak itu belum bisa memilih? Demikian pertanyaan si mahasiswa itu. Tentu saja ada jawaban yang diberikan untuk menanggapi pertanyaan itu, antara lain karena orang tua pasti ingin mewariskan sesuatu yang baik kepada anak-anak mereka, termasuk dalam hal iman, maka mereka membawa anaknya untuk dibaptis.

Namun, yang hendak ditekankan di sini saat ini adalah bahwa dengan membaptiskan anak-anak mereka, orang tua memperkenalkan, mempersilakan, bahkan membawa anak-anak mereka bertemu dengan Yesus, sehingga Yesus menerima dan memberkati mereka. Kalau dia seorang Katolik, pasti hati orang tua sangat bahagia kalau anak-anaknya diberkati oleh Yesus. Oleh sebab itu, seandainya orang tua tidak membaptiskan bayi (anak) mereka, tidak mengajarkan mereka berdoa, tidak membawa mereka ke gereja, bisa jadi mereka termasuk dalam golongan orang yang dimarahi oleh Yesus dalam bacaan Injil hari ini, “Biarkanlah anak-anak itu datang kepada-Ku! Jangan menghalang-halangi mereka!” karena mereka tidak membuka kesempatan bagi anak-anak mereka untuk mengenal Yesus sejak dini.

Tuhan, semoga kami menjadi pribadi yang mau dan mampu membawa sebanyak mungkin anak kepada-Mu sehingga mereka beroleh berkat. Amin.

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 26 FEBRUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel