RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 15 JANUARI 2022)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 15 JANUARI 2022

PEKAN BIASA I (HIJAU)

St. Makarius Agung; St. Paulus

BACAAN I: 1Sam. 9:1-4.17-19;10:1a

MAZMUR: 21:2-3.4-5.6-7;

BACAAN INJIL : Markus 2:13-17

Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka. Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia. Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

RENUNGAN:

Dalam Perjanjian Lama, Yahwe adalah pemimpin Israel. Semua pemimpin bangsa Israel apa pun nama dan bentuknya selalu memerintah atas nama Yahwe dan dipilih oleh-Nya. Itulah yang terjadi pada Saul, raja pertama orang Israel. Hal ini dikisahkan dalam bacaan pertama hari ini (1Sam. 9:1-4.17-19). Saul dianggap layak, karena fisiknya bagus dan raut wajahnya menunjukkan hatinya yang tulus, keberaniannya yang besar yang ditunjukkan dengan mencari hewan gembalaan yang hilang, dan ia mencari Samuel, utusan Allah dan pemimpin Israel. Berarti ia menghargai orang piihan Yahwe. Ia menghargai sistem. Lewat tangan Samuel, Tuhan mengurapi Saul menjadi raja. Salah satu tugas Saul sebagai pemimpin Israel adalah mencari hewan gembalaan Israel yang hilang atau mencari orang Israel yang tersesat.

Pemimpin Israel digelari gembala. Inilah gambaran yang kelak melekat pada Yesus Knistus. Ia adalah gembala yang mencari hewan gembalaan yang hilang. Itulah yang dibuat Yesus pada bacaan Injil yang diperdengarkan kepada kita pada hari ini (Mrk. 2:13-17). Yesus makan bersama dengan orang berdosa dan memanggil Lewi pemungut cukai untuk mengikutinya. Yesus adalah tabib yang menyembuhkan orang sakit. Menyembuhkan mereka yang berdosa dan disingkirkan dan masyarakat, yang terluka jiwa dan rohnya. Mereka perlu disembuhkan. Itulah pekerjaan Tuhan yang mencintai manusia. Hancurkan dosanya. Selamatkan orangnya.

Ya Tuhan, Tabib Ajaib, sembuhkanlah luka-luka hati kami. Semoga kami dapat membantu menobatkan yang berdosa dan tidak menjadi hakim atas mereka. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 15 JANUARI 2022)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel