RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 DESEMBER 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 13 DESEMBER 2021

PEKAN ADVEN III

Pw. Sta. Lusia (Merah)

BACAAN I: Bil. 24:2-7.15-17a

MAZMUR : 25:5b.6-7c.8-9;

BACAAN INJIL: Matius 21:23-27

Lalu Yesus masuk ke Bait Allah, dan ketika Ia mengajar di situ, datanglah imam-imam kepala serta tua-tua bangsa Yahudi kepada-Nya, dan bertanya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu?" Jawab Yesus kepada mereka: "Aku juga akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu dan jikalau kamu memberi jawabnya kepada-Ku, Aku akan mengatakan juga kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. Dari manakah baptisan Yohanes? Dari sorga atau dari manusia?" Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata kepada kita: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? Tetapi jikalau kita katakan: Dari manusia, kita takut kepada orang banyak, sebab semua orang menganggap Yohanes ini nabi." Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Dan Yesuspun berkata kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

RENUNGAN:

Ketika Israel mengalami penjajahan, muncullah Bileam ing menubuatkan kedatangan  Mesias yang akan memerintah bangsa yang tak terbilang banyaknya. Mesias itu akan datang dengan simbol bintang yang menghalau kegelapan dan simbol tongkat kerajaan yang adalah kekuasaan atas alam semesta. Mesias itu akan memulihkan ketidak beraturan dunia. Dia membalikkaan cara pandang manusia yang mengaungkan harta dan takhta.

Kedatangan Yesus adalah pemenuhan nubuat Bileam ini. Ajaran-ajaran-Nya bagaikan bintang yang menghalau kegelapan dan mukjizat-mukjizat-Nya adalah bukti kuasa Allah yang bekerja di dalam diri-Nya. Pekerjaan-pekerjaan itu memberikan kesaksian tentang jati diri-Nya. Tetapi, para imam kepala dan pemuka-pemuka bangsa Yahudi menolak mengakui jati diri Yesus. Pada masa Adven ini, kita semua diundang untuk bertobat. Untuk menyambut Mesias yang akan datang, kita harus siap mengakui kebenaran kendati kita harus meninggalkan kenyamanan-kenyamanan dituntut pengorbanan besar.

Ya Allah, murnikanlah kami dan keterlekatan duniawi yang bisa membutakan dan menulikan kami sehingga tidak mengenal Yesus, Sang Mesias yang akan datang. Kobarkanlah kerinduan kami akan kebenaran. Datanglah, ya Tuhan Yesus, dan baruilah seluruh muka bumi! Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 13 DESEMBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel