RENUNGAN PAGI (SABTU, 2 OKTOBER 2021)



RENUNGAN PAGI

SABTU, 2 OKTOBER 2021

PEKAN BIASA XXVI

Pw Para Malaikat Pelindung (Putih)

BACAAN I: Kel. 23:20-23a

MAZMUR: 91:1-2.3-4.5-6.10-11;

BACAAN INJIL: Matius 18:1-5.10

DOA PAGI:

Syukur kepada-Mu, ya Bapa, Engkau telah mengirimkan malaikat pelindung dalam hidupku untuk menuntunku mengikuti jejak Putra-Mu. Malaikat yang menjadi pelita dalam perjalananku melayani dan hidup bersama keluargaku, kerabatku, sesamaku. Semoga mereka juga mengalami bimbingan-Mu. Demi Yesus Kristus, Penyelamatku. Amin

Injil Matius 18:1-5.10

Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?" Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka Lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga. Dan barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku." Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di sorga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di sorga.

RENUNGAN:

Ketika kecil, saya sering mendengar kisah tentang malaikat pelindung yang menjaga setiap anak agar tidak diganggu oleh setan. Kisah ini diceritakan oleh orang tua saya agar saya tidak lagi takut gelap. Ketika beranjak dewasa, saya menyadari bahwa malaikat bukan hanya melindungi dan godaan setan, tetapi juga menuntun manusia untuk berjalan menuju ke tempat yang dijanjikan Tuhan. Malaikat menuntun setiap orang untuk mengalami kegembiraan karena berjalan di jalan Tuhan.

Dalam Injil hari ini, Yesus mengajak para murid untuk bergembira atas sesuatu yang bersifat kekal bukan hanya yang bersifat sementara. Para murid diminta untuk bersukacita karena nama mereka terdaftar di surga. Sebelumnya, para murid memang bergembira, tetapi lebih karena keberhasilan mereka menaklukkan roh-roh jahat. Sebuah kegembiraan yang berangkat dari kesuksesan, pencapaian, dan prestasi. Tuhan ingin menyadarkan para murid bahwa sukacita sejati tidak berangkat dari diri mereka, tetapi merupakan sebuah anugerah dari Allah. Sukacita sejati berasal dan kemurahan hati Allah.

Pada hari ini, Gereja merayakan peringatan Malaikat Pelindung. Tuhan memberikan malaikat pelindung pada setiap manusia agar mereka dapat berjalan di jalan yang benar dan lurus, sebuah jalan yang mendatangkan sukacita. Katekismus Gereja Katolik menjelaskan dengan sangat indah, “Sejak masa anak-anak sampai pada kematian, malaikat-malaikat mengelilingi kehidupan manusia dengan perlindungan dan doa permohonan. Seorang malaikat mendampingi setiap orang beriman sebagai pelindung dan gembala, untuk menghantar mereka kepada kehidupan.”

Peringatan hari ini hendaknya menyadarkan kita akan belas kasih Tuhan yang selalu melimpah kepada kita semua. Tuhan tidak ingin kita keliru dalam melangkah karena nantinya akan menghilangkan sukacita dalam hati kita. Marilah kita bersyukur atas semua kebaikan Tuhan ini, khususnya malaikat yang diutus-Nya, untuk menjaga dan menuntun langkah hidup kita. [Rm. Charles Virgenius, O.Carm.]

"Seorang malaikat mendampingi setiap orang beriman
sebagai pelindung dan gembala, supaya
menghantarnya kepada kehidupan"
(St. Basilius Agung)

0 Response to "RENUNGAN PAGI (SABTU, 2 OKTOBER 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel