RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 9 JULI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 9 JULI 2021

PEKAN BIASA XIV (HIJAU)

Sta. Veronika dr Binasko; Yohana Scopelli

BACAAN I: Kej. 46:1-7.28-30

MAZMUR: 37:3-4.18-19.27-28.39-40;

BACAAN INJIL: Matius 10:16-23

"Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati. Tetapi waspadalah terhadap semua orang; karena ada yang akan menyerahkan kamu kepada majelis agama dan mereka akan menyesah kamu di rumah ibadatnya. Dan karena Aku, kamu akan digiring ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja sebagai suatu kesaksian bagi mereka dan bagi orang-orang yang tidak mengenal Allah. Apabila mereka menyerahkan kamu, janganlah kamu kuatir akan bagaimana dan akan apa yang harus kamu katakan, karena semuanya itu akan dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga. Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu. Orang akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah akan anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku; tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.

RENUNGAN:

Para murid diutus dalam situasi yang tidak gampang, bahkan berbahaya: seperti anak domba di tengah-tengah serigala. Para murid tidak bisa mengandalkan kekuatan sendiri. Yang dihadapi adalah kekuatan yang bisa menghancurkan. Maka, para murid tidak boleh gegabah, sebaliknya harus cerdik dan jujur. Kombinasi dua keutamaan ini tidak mudah untuk dijalani dalam hidup nyata kita di dunia ini.

Namun demikian, para murid tidak perlu khawatir dan gelisah. Perutusan itu ditopang oleh kekuatan Dia yang mengutus. Roh Kudus akan memberikan daya kekuatan bagi mereka dalam melaksanakan perutusan itu. Maka, para murid perlu terbuka pada bisikan Roh itu. Maka, para murid Yesus zaman ini, pun demikian. Kita harus mendengar bisikan suara Roh Kudus sehingga kita dapat merasakan daya Ilahi itu bekerja dalam diri kita. Kita disadarkan bahwa perjuangan seperti itu memerlukan ketabahan. Hanya dengan ketabahan dan ketekunan sampai akhir akan menampilkan perutusan itu dengan sepenuhnya.

Ya Tuhan, kami percaya bahwa kekuatan-Mu senantiasa menyertai kami yang berusaha menjalankan perutusan-Mu. Semoga semuanya bisa berjalan sebagaimana yang Engaku hendaki. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 9 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel