RENUNGAN PAGI (KAMIS, 1 JULI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

KAMIS, 1 JULI 2021

PEKAN BIASA XIII

Harun, Imam Agung; St. Oliver Plunkett

BACAAN I: Kej. 22:1-19

MAZMUR: 116:1-2.3-4.5-6.8-9;

BACAAN INJIL: Matius 9:1-8

DOA PAGI:

Terimakasih Bapa, aku masih boleh menikmati pagi ini. Setelah membaca kisah Abraham aku merasa terharu. Bagaimana Bapa yang saleh itu mengalami cobaan berat. Itukah tanda kasih-Mu? Tuntun dan terangilah hatiku agar hari ini mampu menyelami cinta-Mu. Berkat-Mu kumohon bagi mereka yang saat ini mengalami kesesakan. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Pusat kebugaran, tempat perawatan wajah, dan rumah sakit tidak pernah sepi. Kenyataan tersebut menunjukkan bahwa kesehatan fisik-ragawi sangat penting. Orang rela menghabiskan ratusan juta untuk kesehatan fisik. Tetapi, bagaimana dengan kesehatan jiwa? Kiranya tidak sedikit orang yang mengabaikan kesehatan jiwa. Padahal untuk kesehatan jiwa biasanya tidak memerIukan biaya banyak. Perayaan Sakramen Tobat tidak memerIukan biaya. Apa gunanya orang memiliki raga yang sehat tetapi jiwanya cacat, berdosa?

Dalam warta hari ini Yesus berbeda pandangan dengan kebanyakan orang. Ketika seorang Iumpuh dibawa kepada-Nya, yang pertama kali dilakukan adalah menyembuhkan jiwanya, “percayalah, anak-Ku, dosamu sudah diampuni” (Mat 9:2). Tindakan tersebut memancing emosi Ahli Taurat karena dianggap menghujat Allah. 

Kepada para ahli Taurat, Yesus bertanya, “Mengapa kalian memikirkan hal-hal yang jahat dalam hatimu?” (Mat 9:4). Hati yang jahat adalah hati yang sakit. Karenanya, Yesus bukan hanya  menyembuhkan orang yang lumpuh fisiknya, melainkan juga ahli Taurat yang Iumpuh hatinya,jiwanya, batinnya.

Secara manusiawi mengatakan, “Dosamu sudah diampuni” lebih mudah dan tidak berisiko. Sementara mengatakan, “Bangunlah dan berjalanlah” mengandung risiko yang sangat besar. Karena jika orang lumpuh itu tetap tidak bangun apalagi berjalan, orang yang mengatakan “Bangunlah dan berjalanlah” akan dicaci maki. Sedangkan secara rohani mengatakan “Dosamu sudah diampuni” lebih sulit. Banyak nabi dan orang biasa dapat menyembuhkan penyakit fisik. Akan tetap, tak seorang pun bisa menyembuhkan cacat rohani, mengampuni dosa. Yesus mampu melakukan keduanya, sebagaimana difirmankan,  “Tetapi supaya kalian tahu, bahwa di dunia berkuasa mengampuni dosa” (Mat 9:6). la juga menyembuhkan fìsik orang lumpuh, “BangunIah, angkatlah tempat tidurmu, dan pulanglah ke rumahmu!” (Mat. 9:6). Percayalah, dalam Yesus ada kesempurnaan.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (KAMIS, 1 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel