RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 JULI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 2 JULI 2021

PEKAN BIASA XIII (HIJAU)

St. Bernardino Realino

BACAAN I: Kej. 23:1-4.19; 24:1-8.62-67

MAZMUR: 106:1-2.3-4a.4b-5;

BACAAN INJIL: Matius 9:9-13

Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

RENUNGAN:

Panggilan Matius menggambarkan bahwa Yesus memanggil orang untuk hidup dalam pengalaman kasih Allah. Ia memanggil bukan hanya mereka yang baik melainkan juga mereka yang kerap dicap pendosa. Kuncinya adalah kesediaan dan kerelaan masing-masing pribadi untuk mengubah diri dan mengikuti jalan dan cara hidup yang diiunjukkan Yesus. Bagaimanakah usaha ini dikembangkan dalam kehidupan jemaat kristiani, terutama dalam keluarga?

Yesus sendiri dalam pergauIan-Nya menunjukan betapa Ia terbuka bagi semua orang. Ia makan bersama orang berdosa, terlibat dalam keprihatinan mereka sebagai pribadi, dan mengajak mereka menghayati kasih karunia Allah, Bapa-Nya. Tindakan Yesus bisa saja menimbulkan batu sandungan bagi orang lain. Tetapi, juga bisa menyadarkan bahwa memang orang berdosalah yang membutuhkan pertobatan dan pembangunan rohani. Orang baik dengan sendirinya akan memanfaatkan rahmat dan kasih Allah yang disampaikan kepada mereka. Orang yang menyadari keberdosaannya akan merasakan sapaan Yesus ini. Dalam diri Yesuslah pemenuhan Janji Allah kepada manusia yang percaya kepada-Nya seperti Abraham. bapa orang beriman. Semoga kepercayaan dan penyelenggaraan Ilahi ini juga menjiwai usaha dan perjuangan kita sekarung ini.

Ya Allah, ampunilah kami orang berdosa ini. Panggilah kami sentiasa untuk mengikuti hidup seperti yang Engkau kehendaki sehingga kami hidup dalam kasih-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 2 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel