RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 JULI 2021)

RENUNGAN HARIAN


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 1 JULI 2021

PEKAN BIASA XIII (HIJAU)

Harun, Imam Agung; St. Oliver Plunket

BACAAN I: Kej. 22:1-19

MAZMUR: 116:1-2.3-4.5-6.8-9;

BACAAN INJIL: Matius 9:1-8

Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni." Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah." Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa"  —  lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu  — : "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" Dan orang itupun bangun lalu pulang. Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.

RENUNGAN

Dalam Inji hari ini, Matius mengisahkan Yesus menyembuhkan seorang lumpuh. Seorang yang mengidap lumpuh bisa saja karena ada penyakit dalam tubuhnya atau karena kecelakaan. Kelumpuhan itu menghambat seseorang untuk bebas bergerak. Ada banyak hal yang akhirnya tidak bisa ia lakukan secara normal.

Kuasa Yesus sebagai Putra Allah ditunjukkan dalam mukjizat penyembuhan itu. Seorang lumpuh yang sebelumnya tidak bisa berjalan, kemudian bisa berjalan seperti orang-orang pada umumnya. “Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni”. Ada anggapan bahwa kelumpuhan yang dialami seseorang disebabkan dosa orang itu. Yesus pun mengampuni dosanya sehingga orang itu sembuh. Juga, karena melihat iman orang-orang yang menggotong si lumpuh itu.

Penyesalan yang sungguh dan disertai keyakinan yang teguh menyembuhkan kita dari sakit dan penyakit. Si lumpuh itu sembuh selain karena kerahiman Allah juga dari pihaknya ada kemauan untuk bertobat dan mau hidup dalam kesucian. Kita sebenarnya telah disembuhkan Allah. Dari pihak kita dituntut untuk selalu mau datang kepada-Nya; mau tinggal bersama Dia. Selain itu, kita diminta untuk, “bangun dan mengangkat tempat tidur kita” lalu pergi membagikan sukacita itu kepada orang-orang yang kita jumpai.

Ya Tuhan, mampukan kami untuk selalu memaafkan dan mengampuni sesama, sehingga mereka dapat bangkit dan hidup dengan semangat baru sesuai dengan kehendak-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 1 JULI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel