RENUNGAN PAGI (JUMAT, 4 JUNI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

JUMAT, 4 JUNI 2021

PEKAN BIASA IX (HIJAU)

St. Fransiskus Caracciolo; St. Kuirinus

BACAAN I: Tob. 11:5-17

MAZMUR: 146:2abc.7.8-9a.9bc-10;

BACAAN INJIL: Markus 12:35-37

DOA PAGI:

Allah Bapa yang sabar dan penuh kasih setia, Engkau telah memanggil aku untuk bersedia mengikuti putera-Mu Yesus Kristus. Bimbinglah langkah kakiku sepanjang hari ini dalam mengikuti putera-Mu yang berkeliling dari kota ke kota sambil berbuat baik. Semoga aku menjadi saluran kasih-Mu bagi orang yang berada di sekitarku. Amin

RENUNGAN HARIAN:

“Tak kenal maka tak sayang,” ungkapan ini sering kita dengar bahkan sering kita ucapkan. Yesus dalam Injil han ini mengkritik pandangan orang Yahudi tentang siapa itu Mesias

dan dari mana Ia datang. Mereka berpendapat bahwa Mesias itu anak Daud. Yesus mengutip Kitab Mazmur untuk menjelaskan kepada mereka siapakah Mesias sebenarnya. Daud sendiri menyapa-Nya dengan “Tuan”, artinya Mesias mempunyai kuasa yang jauh melampaui Daud. Memang para nabi dalam Perjanjian Lama meramalkan kedatangan Sang Mesias yang berasal dan keturunan Daud, tetapi rencana keselamatan Allah sudah ada sejak awal mula, bahkan sebelum bumi dan segala isinya dijadikan. Dengan demikian, Mesias sudah ada sejak awal mula. Pandangan bahwa Mesias adalah anak Daud mengaburkan penglihatan mata dan iman mereka, bahwa Dia yang ada di hadapan mereka dan hidup di antara mereka adalah Sang Mesias itu sendiri.

Yesus meminta supaya Mesias yang datang tidak saja dilihat dan sisi lahiriah. Yesus menghendaki agar orang Yahudi melihat apa yang dilakukan Mesias dan menerima-Nya. Pengajaran Yesus yang memukau, mukjizat-mukjizat yang dikerjakan-Nya, berkeliling sambil berbuat baik harus menjadi tanda yang menunjukkan bahwa Mesias yang mereka nantikan sebenarnya sudah ada. Lewat hidup dan karya-Nya, Yesus mau menunjukkan kepada orang sebangsa-Nya bahwa Dialah yang datang untuk menyelamatkan umat manusia.

Pertanyaan untuk kita refleksikan: Siapakah Yesus bagi kita? Apakah kita sudah menerima Dia dalam hidup kita? Apakah kehadiran-Nya telah mengubah hidup kita? Mari membiarkan Dia masuk dan mengubah hidup kita, agar kita yang telah menerima rahmat-Nya boleh dipakai sebagai alat untuk mewartakan cinta kasih-Nya. Dia sudah lebih dahulu mengenal dan mencintai kita menghendaki agar kita juga mengenal dan mencintai-Nya serta menjadikanNya sebagai pusat dan sumber yang menghidupkan kita. Menerima Dia dan percaya kepada-Nya adalah jalan satu satunya untuk selamat.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (JUMAT, 4 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel