RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 15 JUNI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 15 JUNI 2021

PEKAN BIASA XI (HIJAU)

St. Vitus; St. Modestus

BACAAN I: 2Kor. 8:1-9

MAZMUR: 146:2.5-6.7.8-9a;

BACAAN INJIL: Matius 5:43-48

Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian? Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian? Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

RENUNGAN:

Yesus bersabda kepada para murid-Nya: “Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu” (Mat.5:44). Ungkapan tersebut tidak hanya ditunjukkan kepada kedua belas rasul, tetapi juga kepada kita semua para pengikut-Nya. Perintah Yesus pada hari ini memang tidak mudah untuk dilaksanakan. Karena dalam kehidupan nyata kita memiiki kecenderungan untuk melakukan hal-hal yang sebaliknya, yakni: membenci musuh, menjauhinya, membuatnya menderita, dan bahkan mendoakannya agar cepat meninggal dunia. Sesungguhnya ajakan Yesus bukan omong kosong belaka. la sendiri telah melakukannya dan atas salib dengan berkata: “Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.”

Dalam mengasihi, kita harus mampu memaafkan kesalahan dan kekeliruan orang lain. Dalam mengasihi kita juga mesti menyadari bahwa kita adalah gambar dari Sang Pencipta dan selalu memiliki benih kebaikan di dalam hatinya. Allah telah memberikan matahari dan hujan bagi semua orang tanpa ada diskriminasi. Karena itu, sebagai putra dan putri Allah, kita hendaknya tidak hanya mengasihi dan berdoa bagi orang yang baik kepada kita, tetapi juga bagi orang yang telah menyakiti hati kita. Dengan dernikian, kita akan menjadi murid sejati Yesus.

Allah Yang Mahatinggi dan penuh kemuliaan, terangilah kegelapan hati kami agar kami, mampu mengasihi sesama seperti Engkau telah mengasihi kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 15 JUNI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel