RENUNGAN PAGI (SELASA, 11 MEI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

SELASA, 11 MEI 2021

PEKAN PASKAH VI (PUTIH)

St. Ignatius Peis dr Lakoni

BACAAN I: Kis. 16:22-34

MAZMUR: 138:1-2a.2b-3.7c-8;

BACAAN INJIL: Yohanes 16:5-11

DOA PAGI:

Tuhan, Engkau telah berjanji akan mengutus Roh Penghiburan kepada pengikut-Mu. Bantulah aku untuk menjadi lebih tenang di kala menghadapi kesulitan dalam hidupku. Biarlah hanya Engkau satu-satunya andalan dan harapanku. Buatlah pikiranku menjadi jernih untuk mampu menangkap kehendak-Mu dalam setiap peristiwa hidupku. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Injil hari ini menegaskan kepada kita betapa sebuah pertanyaan itu sangat penting dan berarti. Hal ini menyeruak dari pernyataan Yesus, “Sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Kemana Engkau pergi?” Kiranya saat ini, Yesus hendak mengukur kedalaman perhatian dan pembatinan para murid akan situasi mereka pada saat itu. Dalam pernyataan-Nya yang berupa pertanyaan, Yesus menyadarkan mereka bahwa Ia hendak pergi! Oleh karena itu, mereka harus berbenah diri.

Tujuan hidup yang tidak pernah dipertanyakan akan mengarahkan kita pada tataran hidup yang tidak bermakna. Demikian pula iman yang tidak dipertanyakan akan membuat kita terpuruk pada kedangkalan penghayatan yang tidak mustahil menjadikan kita intoleransi pada yang lain. Namun untuk mampu bertanya dibutuhkan sebuah keseriusan, prinsip hidup, konsistensi, dalam menggali makna yang lebih dalam dari apa yang kelihatan dan dirasakan secara lahiriah. Pertanyaan Yesus menjadi sebuah keprihatinan bagi kita yang tidak pernah membatinkan iman yang kita hayati setiap hari. Kita hanya ikut-ikutan saja sehingga tidak memiliki empati terhadap pribadi maupun situasi di sekitar. Jadilah pribadi yang selalu bertanya sehingga kita menjadi prinadi yang berempati dan toleransi.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (SELASA, 11 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel