RENUNGAN PAGI (RABU, 19 MEI 2021)



RENUNGAN PAGI

RABU, 19 MEI 2021

PEKAN PASKAH VII (PUTIH)

St. Petrus Salestinus; St. Krispinus

BACAAN I: Kis. 20:28-38

MAZMUR: 68:29-30.33-35a.35b.36c;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 17:11b-19

RENUNGAN HARIAN:

Teori kepemimpinan mengenal pelbagai sitat, cara, dan karakter pemimpin. Ada pemimpin karismatis yang memimpin dengan menggunakan karisma pribadinya. Daya dan kekuatan yang memancar dan dirinya memainkan kunci utama dalam kepemimpiannya. Ada pula pemimpin spiritual yang menjalankan kepemimpinannya berdasarkan daya rohani yang dimilikinya.

Di samping itu, ada pula pemimpin yang menonjolkan keteladananya. Dia memimpin dengan memberikan contoh. Rasul Paulus yang disebut dalam bacaan pertama mewujudkan pemimpin yang demikian. “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab la sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima” (Kis 20:35).

Tuhan Yesus menampilkan sosok pemimpin yang setia mendampingi pengikut-Nya. Dia menjaga dan menyertai perjuangan mereka. Tatkala hendak berpisah, Dia berdoa kepada Bapa-Nya untuk pengikut-Nya. Pertama, memohon supaya Bapa memelihara mereka (Yoh 17:11). Kedua, agar Bapa melindungi mereka dari yang jahat (Yoh 17:15).

Di atas semuanya itu, Tuhan Yesus amat memperhatikan sustainabilitas komunitas para murid-Nya. Dia tidak membiarkan mereka tercerai berai setelah ditinggaIkan-Nya. Inilah salah satu ciri pemimpin sejati. Memercayakan segala yang telah dilakukan kepada para pengikut-Nya. Dengan demikian, visi dan misi yang telah diajarkan dan dilaksanakan-Nya dapat dilanjutkan oleh para pengikut-Nya.

Sabda Tuhan ini meneguhkan kita, para pengikutnya, bahwa Tuhan Yesus tidak pernah meninggalkan kita. Sekaligus mengajarkan kita untuk meneladan Dia, yakni pemimpin sejati dan setia. Jangan sampai kita menelantarkan merkeka yang dipercayakan kepada kita.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (RABU, 19 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel