RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 19 MEI 2021)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 19 MEI 2021

PEKAN PASKAH VII (PUTIH)

St. Petrus Salestinus; St. Krispinus

BACAAN I: Kis. 20:28-38

MAZMUR: 68:29-30.33-35a.35b.36c;

BACAAN INJIL: Injil Yohanes 17:11b-19

Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari pada yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya merekapun dikuduskan dalam kebenaran. 

RENUNGAN:

Di sebuah daerah terpencil, umat begitu bersemangat membangun gedung gereja. Banyak bahan pembangunan gereja itu yang sudah disediakan gratis oleh alam. Mereka pun sangat gesit dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, bangunan gereja itu berhasil dibangun. Namun, kemudian muncul orang-orang yang merasa diri paling berjasa dan mulai menghalangi umat lain untuk ikut ambil bagian dalam merawat gereja. Ada yang menganggap dirinya sebagai pahiawan.

Dalam Kisah para Rasul diceritakan bahwa Paulus berdoa dan menyerahkan jemaatnya kepada Tuhan serta mengingatkan kita yang hidup sekarang ini bahwa dalam hidup menggereja, jangan hanya fokus pada gedung gereja, tetapi juga perkembangan iman umat (Kis. 20:29-31). Hal senada disampaikan Yesus dalam Injil pada hari ini. Ia mendoakan dan menyerahkan murid-murid-Nya kepada Bapa-Nya di surga (bdk. Yoh. 17:11). Sering kali, saat kita melayani, kita lupa membawa mereka yang sudah kita layani dalam doa kita. Kita merasa sudah cukup membantu dengan pertolongan dan kehadiran kita di tengah-tengah mereka. Yesus mengajak kita untuk selalu membawa mereka yang kita bantu dan layani dalam doa, dan menyerahkannya ke dalam Penyelenggaraan Bapa di surga.

Ya Bapa, janganlah biarkan kami binasa hanya karena kesombongan kami, tetapi jadikanlah kami anak-anak-Mu yang tidak pernah lupa bersyukur dan menyerahkan hidup dan karya kami kepada-Mu bersama semua orang yang berkarya bersama kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 19 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel