RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 23 MEI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 23 MEI 2021

HARI RAYA PENTAKOSTA (MERAH)

BACAAN I: Kis. 2:1-11

MAZMUR: 104:1ab.24ac.29c-30.31.34;

BACAAN II: Gal. 5:16-25

BACAAN INJIL: Yohanes 15:26-27; 16:12-15

Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku. Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku." Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

RENUNGAN:

Sering kali dalam peziarahan hidup kita ada tegangan antara kebutuhan daging dan roh. Bahkan, dalam hidup menggereja, kita sering memperdebatkan apakah yang kita lakukan itu keinginan pribadi atau demi misi Gereja Semesta. Apakah di dalam pelayanan itu, kita sudah hidup menurut Roh dan menghasilkan buah? Pelayanan yang didasarkan pada bimbingan Roh Kebenaran akan berbuah kebaikan; akan semakin banyak orang memuliakan Tuhan dan menikmati keselamatan yang dijanjikan-Nya melalui kehadiran dan pelayanan kita. 

Pohon dapat dilihat dari buahnya. Tentu bukan perkara yang mudah bagi kita sebagai orang beriman untuk menghasilkan buah-buah iman. Di sinilah kita diingatkan akan peran secara nyata dan Roh Kudus. Roh Kudus mendampingi dan membimbing kita masuk dalam hidup dan pribadi Kristus. Pada Hari Raya Pentakosta ini kita diajak untuk membantu sesama dan diri kita sendiri untuk menyelami apa yang menjadi rencana Allah atas hidup kita. Mari kita membiarkan diri kita sendiri, keluarga kita, lingkungan hidup kita, dan komunitas Gereja seluruhnya untuk dibimbing dan dituntun oleh Roh Kudus. 

Terpujilah Engkau Allah Tritunggal Mahakudus atas segala berkat yang Engkau curahkan kepada kami. Ajarlah kami untuk senantiasa hidup menurut Roh dan bukan menurut keinginan daging. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 23 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel