RENUNGAN PAGI (MINGGU, 23 MEI 2021)

RENUNGAN PAGI


RENUNGAN PAGI

MINGGU, 23 MEI 2021

HARI RAYA PENTAKOSTA

 (WARNA LITURGI MERAH)

BACAAN I: Kis. 2:1-11

MAZMUR: 104:1ab.24ac.29c-30.31.34;

BACAAN II: Gal. 5:16-25

BACAAN INJIL: Yohanes 15:26-27; 16:12-15

DOA PAGI:

Allah Bapa yang Mahaagung dan kekal, berkat misteri Pentakosta, Engkau menguduskan Gereja-Mu di antara para bangsa dengan segala bahasa. Sebarluaskanlah anugerah Roh Kudus ke seluruh dunia. Ulangilah mukjizat Pentakosta: Sentuhlah dengan Roh-Mu hati umat beriman, seperti yang Kaulakukan pada awal pewartaan Injil. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami,

Amin

RENUNGAN HARIAN:

Kita semua pasti pernah mengalami tiba-tiba listrik padam, saat kita sedang duduk santai atau menonton televisi. Respons paling cepat, biasanya kita menyalakan handphone atau mecari lilin untuk mendapatkan cahaya. Namun, adanya handphone dan lilin ternyata masih belum mampu membuat semua ruangan menjadi terang. Ada bagian-bagian tertentu yang masih remang-remang atau gelap. Dalam situasi seperti ini kita membutuhkan sesuatu entah lampu darurat atau apa pun yang terang dan mampu membuat semua menjadi lebih jelas.

Hari ini kita bersama Gereja merayakan peristiwa yang luar biasa mengagumkan yaitu turunnya Roh Kudus. Peristiwa ini diimani oleh Gereja sebagai bagian dan kasih Kristus yang terus berlanjut di dunia. Setelah Yesus wafat la tetap menyertai para murid dan kita semua dengan Roh Kudus sebagai penolong. Pengalaman sengsara dan wafat Yesus sempat membuat hidup para murid menjadi gelap, ketakutan, putus asa, dan berkecil hati. Mereka merasakan sesuatu yang suram setelah ditinggalkan oleh Yesus. Dalam keadaan ini mereka ingat pesan-pesan Sang Guru bahwa la akan mengutus Penolong yang datang dan Bapa. Penolong ini akan bersaksi tentang Yesus kepada dunia.

Hari ini kita mendengar, setelah turunnya Roh Kudus, para murid akhirnya lepas dan ketakutan dan dengan berapi-api bersaksi tentang Kristus. Mereka mewartakan kebenaran dan memberitakan hal-hal yang akan datang. Tugas para murid adalah tugas kita semua saat ini. Sebagai pengikut Kristus kita diminta menjadi saksi. Meskipun tidak mudah dan banyak tantangan kita percaya Roh Kuduslah yang akan membimbing kita mengatakan kebenaran. Meski kadang kebenaran itu samar dan harus kita wartakan di tempat “gelap”, yakinlah bahwa Roh Kudus yang akan menjadi penerangnya. la membimbing kita agar apa yang kita imani, kita baca dan sabda Allah sungguh dapat kita terjemahkan dengan jelas. Dalam terang Roh kita akan mampu menjadi saksi dan mewartakan kebenaran.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (MINGGU, 23 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel