RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 20 APRIL 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 20 APRIL 2021

PEKAN PASKAH III (PUTIH)

St. Teodorus Trichinas; Sta. Oda

BACAAN I: Kis. 7:51-8:1a

MAZMUR: 31:3c-4.6ab.7b.8a.17.21ab;

BACAAN INJIL: Yohanes 6:30-35

Maka kata mereka kepada-Nya: "Tanda apakah yang Engkau perbuat, supaya dapat kami melihatnya dan percaya kepada-Mu? Pekerjaan apakah yang Engkau lakukan? Nenek moyang kami telah makan manna di padang gurun, seperti ada tertulis: Mereka diberi-Nya makan roti dari sorga." Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya bukan Musa yang memberikan kamu roti dari sorga, melainkan Bapa-Ku yang memberikan kamu roti yang benar dari sorga. Karena roti yang dari Allah ialah roti yang turun dari sorga dan yang memberi hidup kepada dunia." Maka kata mereka kepada-Nya: "Tuhan, berikanlah kami roti itu senantiasa." Kata Yesus kepada mereka: "Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

RENUNGAN:

Ciri-ciri orang yang lapar dan haus adalah bermuka pucat, tidak segar, lemah/ loyo. Orang tersebut tak mampu beraktivitas secara optimal. Bersamaan dengan itu, mereka yang lapar dan haus hidupnya kerap kali dikendalikan oleh tubuh. Tidak sedikit orang yang berniat dan melakukan kejahatan karena lapar dan haus. Tidak sedikit juga orang yang tidak lagi berpikir jernih; menyantap apa yang bisa disantap tanpa peduli lagi dengan kesehatan dan bahaya-bahaya yang lain, yang penting kenyang. Keadaan yang serupa dapat menjadi gambaran atau ciri-citi kualitas kerohanian kita sebagai manusia; semangat hidup yang loyo, tidak segar, selalu dikuasai oleh keserakahan dan kejahatan, masa bodo dengan diri sendiri dan orang lain.

Apa yang dikatakan Yesus dalam Injil hari ini meneguhkan kita dan membenarkan apa yang kita alami. Jika Yesus menjadi sumber utama penggerak, sumber utama bagi nutrisi hidup kita; jika Yesus menjadi satu-satunya makanan pokok iman kita artinya menyatu di dalam Dia, maka kualitas hidup kita akan jauh berbeda dari mereka yang sekedar beriman, tetapi tidak menyatu dengan Yesus. Yesus berkata, “Akulah roti hidup; siapa saja datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan siapa saja percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi”. Sebab, Yesus adalah anugerah ilahi teragung bagi umat manusia. Allah tahu apa yang dibutuhkan oleh manusia, karena itulah Ia datang sebagai manusia untuk membuka semua misteri tentang Diri-Nya.

Ya Bapa, jaminan hidup yang kekal hanya ada di dalam Yesus. Dalam kesatuan dengan Dialah kami bersatu dengan-Mu. Kami bersyukur atas anugerah agung-Mu ini. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 20 APRIL 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel