RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 17 APRIL 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 17 APRIL 2021

PEKAN PASKAH II (PUTIH)

St. Anisetus; Sta Klara 

BACAAN I: Kis. 6:1-7

MAZMUR: 33:1-2.4-5.18-19;

BACAAN INJIL: Yohanes 6:16-21

Dan ketika hari sudah mulai malam, murid-murid Yesus pergi ke danau, lalu naik ke perahu dan menyeberang ke Kapernaum. Ketika hari sudah gelap Yesus belum juga datang mendapatkan mereka, sedang laut bergelora karena angin kencang. Sesudah mereka mendayung kira-kira dua tiga mil jauhnya, mereka melihat Yesus berjalan di atas air mendekati perahu itu. Maka ketakutanlah mereka. Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Aku ini, jangan takut!" Mereka mau menaikkan Dia ke dalam perahu, dan seketika juga perahu itu sampai ke pantai yang mereka tujui.

RENUNGAN:

Tidak ada satu pun dalam hidup ini yang lolos dari perhatian Yesus. Medan kehidupan yang bagi kita tidak mungkin dilalui, ternyata tidak demikian bagi Yesus. Persahabatan dan kebersamaan kita dengan Yesus juga akan membawa kita pada situasi-situasi hidup yang membelalakkan mata kita sendiri. Apa yang semua kita pikir tidak mungkin kita raih, tidak mungkin kita hadapi, tidak mungkin kita jangkau, ternyata berkat kebersamaan dengan Yesus dapat kita lalui, dapat kita jangkau, dapat kita hadapi, dapat kita raih. Kisah Yesus berjalan di atas air dalam Injil hari ini mengungkapkan kenyataan itu.

Demikian kiranya ciri-ciri orang yang mengimani Yesus akan terlihat dari semangat hidupnya yang dipenuhi dengan pengharapan, tidak mudah takut, kalut, dan cemas yang berkepanjangan. Itu semua adalah tanda seseorang hidup dalam keyakinan bahwa Tuhan itu menyertainya. Lalu, bagaimana dengan kita sendiri? Banyak orang kristiani kendati menyebut diri beriman pada Yesus, namun tidak sepenuhnya meyakini bahwa Yesus itu menyertai kita. Tidak sedikit orang kristiani yang mengalami depresi, putus asa berlebihan, karena mengalami kenyataan yang mengecewakan.

Makna iman akan Yesus yang selalu menyertai kita adalah: Dia tidak tinggal diam dengan perkara hidup kita. Dia mengajarkan sesuatau yang terbaik dari apa yang sedang kita alami. Kita mungkin tidak segera melihat hasil pekerjaan Yesus dalam hidup kita, tetapi percayalah Dia sedang mengerjakannya. Karena itu, apa pun situasinya yang kita hadapi, tetaplah berbuah, jangan lantas layu dan mati. Selalu ada kejutan di balik kesetiaan kita sebagai pengikut Kristus.

Ya Allah, kami percaya bahwa Engkau tidak membiarkan kami berjuang sendirian dalam hidup ini. Engkaulah penyelenggaraan hidup kami kini dan sepanjang masa. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 17 APRIL 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel