RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 2 MEI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 2 MEI 2021

PEKAN PASKAH V (PUTIH)

PW. St. Atanasius Agung, UskPujG 

BACAAN I: Kis. 9:26-31

MAZMUR: 22:26b-27.28.30.31-32;

BACAAN II: 1Yoh. 3:18-24

BACAAN INJIL: Yohanes 15:1-8

"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa. Barangsiapa tidak tinggal di dalam Aku, ia dibuang ke luar seperti ranting dan menjadi kering, kemudian dikumpulkan orang dan dicampakkan ke dalam api lalu dibakar. Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku."

RENUNGAN:

Ada orang bijak yang mengatkan bahwa hidup adalah suatu kehampaan bila tanpa cinta, namun cinta tanpa pengorbanan akan kehilangan maknanya. Begitu pula dengan kita, apa pun yang kita cita-citakan butuh pengorbanan agar bisa tercapai dengan baik. Namun, semuanya itu dapat tejadi jika ada daya dorong yang kuat. Pengalaman dicintai dan pengorbanan dari Sang Pokok Anggur-lah yang menjadikan kita memiliki kekuatan itu. Kekuatan cinta Tuhan yang lebih dahulu mencintai anak-anak-Nya menjadikan Barnabas berani merangkul Paulus untuk ambil bagian dalam pelayanan mewartakan Injil.

Hari ini kita diajak untuk “mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran” (1Yoh 3:18). Hendaknya ini semua dilandasi oleh kepercayaan akan Kristus yang lebih dahulu mencintai kita dalam peziarahan hidup kita. Dengan demikian, kita bisa menghasilkan buah karena kita selalu memberikan diri menjadi bagian dari pokok anggur, yaitu Kristus sendiri. “Siapa saja yang tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak” (Yoh 15:5). Sudahkah kita ada di dalam Dia saat kita menghadapi tantangan hidup ataukah kita memilih jalan semau kita?

Ya Yesus, jadikanlah kami ranting-ranting-Mu yang kuat dan menghasilkan buah iman dan cinta kasih dalam lembaran hidup kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 2 MEI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel