RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 8 APRIL 2021)



RENUNGAN HARIAN

KAMIS, 8 APRIL 2021

OKTAF PASKAH I (PUTIH)

St. Redemtus de Ferento

BACAAN I: Kis. 3:11-26

MAZMUR: 8:2a.5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL: Lukas 24:35-48

Lalu kedua orang itupun menceriterakan apa yang terjadi di tengah jalan dan bagaimana mereka mengenal Dia pada waktu Ia memecah-mecahkan roti. Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: "Damai sejahtera bagi kamu!" Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu. Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu? Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku." Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka. Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: "Adakah padamu makanan di sini?" Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng. Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka. Ia berkata kepada mereka: "Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur." Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci. Kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga, dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem. Kamu adalah saksi dari semuanya ini.

RENUNGAN:

Injil mengungkapkan keragu-raguan dan keterkejutan para murid saat melihat Yesus yang bangkit. Yesus pun mengubah keraguan dan ketakutan mereka dengan menunjukan tubuh-Nya sendiri, bahkan Ia kemudian makan sepotong ikan goreng. Perjumpaan itu sungguh nyata layaknya perjumpaan antar sesama manusia yang hidup. Yesus berkata, “Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging atau tulang, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku” (Luk. 24:39).

Ada dua hal yang perlu kita renungkan. Pertama, kita diingatkan kembali perihal kita bisa juga mengenal Yesus yang bangkit. Tampaknya Yesus juga menghendaki agar pengenalan akan Dia, juga dialami para murid saat mereka berani meraba dan melihat luka dan penderitaan dalam diri orang lain. Pengalaman akan Allah tidak akan sungguh lengkap jika kita menilah untuk meraba, menyentuh, dan melihat luka, dan penderitaan sesama. Kedua, kita diingatkan kembali perihal artinya hidup berkomunio. Yesus menampakan diri kepada para murid di dalam persekutuan. Kekuatan iman akan Yesus diperoleh ketika kita hadir dalam persekutuan.

Ya Allah, kuatkanlah kami agar mampu menjadi tanda kasih-Mu dalam persekutuan. Sebab, di dalam persekutuan iman kami semakin mengalami Engkau. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 8 APRIL 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel