RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 APRIL 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 23 APRIL 2021

PEKAN PASKAH III (PUTIH)

Sta. Adalbertus; St. Georgius

BACAAN I: Kis. 9:1-20

MAZMUR: 117:1.2;

BACAAN INJIL: Yohanes. 6:52-59

Orang-orang Yahudi bertengkar antara sesama mereka dan berkata: "Bagaimana Ia ini dapat memberikan daging-Nya kepada kita untuk dimakan." Maka kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman. Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman. Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku. Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya." Semuanya ini dikatakan Yesus di Kapernaum ketika Ia mengajar di rumah ibadat.

RENUNGAN:

Jika hendak melakukan pekerjaan yang membutuhkan tenaga ekstra, kita biasanya mempersiapkan tubuh kita dengan mengonsumsi makanan yang mengandung energinya lebih dari biasanya. Jika musim menanam padi tiba misalnya, tentu akan ada pekerjaan ekstra di sawah, ibu biasa selalu menyediakan menu yang agak berbeda di atas meja setiap pagi dan malam. Kalau kita mencita-citakan sebuah kehidupan yang kekal, yakni kehidupan bersama Allah, tentulah kita harus mengisi hidup kita dengan makanan yang memungkinkan kita masuk dalam kehidupan yang kekal itu. Makanan apakah itu? Roti Hidup, yakni makanan yang datang dari Allah sendiri.

Kita dibentuk oleh apa yang kita makan. Kita membutuhkan makanan yang tepat untuk sebuah kehidupan yang tepat. Yesus menawarkan diri-Nya untuk kita makan. Menyantap Tubuh Yesus itu berarti menyantap seluruh kenyataan Yesus, kata-kata-Nya, pengajaran-Nya, perasaan dan tindakan-Nya, tubuh-Nya sendiri; sehingga bukan kita lagi yang hidup melainkan Kristus yang hidup. Baiklah saat Ekaristi, saat menyambut-Nya, dalam iman kita pahami bahwa kita sedang mengunyah dan menelan secara penuh dan total seluruh kenyataan hidup Yesus. Agar sebagaimana Yesus menjadi manusia benar dihadapan Bapa, demikianlah kita menjadi manusia benar di hadapan Bapa, manusia yang hidup bersama Bapa.

Ya Allah, kami ingin menjadi manusia benar di hadapan-Mu. Dan kami yakin dengan bersatu di dalam Yesus, kami dibentuk untuk menjadi benar bagi-Mu. Kami mengucap syukur atas anugerah mulia ini. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 23 APRIL 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel