RENUNGAN PAGI (SENIN, 8 MARET 2021)

RENUNGAN PAGI

RENUNGAN PAGI

SENIN, 8 MARET 2021

PEKAN PRAPASKAH III

St. Yohanes de Deo; St. Yulianus dr Toledo

BACAAN I: 2Raj. 5:1-5a

MAZMUR: 42:2.3;43:3.4;

BACAAN INJIL: Lukas 4:24-30

DOA PEMBUKA:
Ya Allah, sucikanlah dan lindungilah Gereja-Mu dalam belas kasih-Mu. Bimbinglah kami dengan rahmat-Mu, karena tanpa Engkau kami takkan mungkin selamat. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama Dikau dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala Masa. Amin

RENUNGAN HARIAN:

Yesus berasal dari keluarga sederhana. Ia anak dari seorang tukang kayu dan juga lahir di kampung Betlehem. Dengan latar belakang Yesus itu, banyak orang Nazaret menolak Dia. 

Apakah latar belakang begitu menentukan? Ataukah karya dan perbuatan Yesus jauh lebih penting? Yesus ditolak di Nazaret karena latar belakang-Nya. Maka, ia mengingatkan mereka akan apa yang terjadi pada zaman para nabi. “Pada zaman Elia terdapat banyak janda di Israel….., dan ketika bahaya kelaparan yang hebat menimpa seluruh negeri. Tetapi Elia diutus bukan kepada salah seorang dari mereka, melainkan kepada seorang janda di Sarfat di tanah Sidon. Dan pada zaman Nabi Elisa banyak orang kusta di Israel dan tidak ada seorang pun dari mereka yang ditahirkan, selain dari pada Naaman, orang Siria itu” (ay.25-27), karena mereka menolak kehadirn Tuhan yang tidak sesuai pikiran mereka, maka Allah tidak menunjukan karya-Nya di tengah mereka. Allah hanya menjadi sebatas pikiran manusia saja.

Sebagai orang Kristen, kita mempercayai Yesus bukan karena asal dan latar belakang hidup-Nya. Kita mempercayai Yesus karana Ia benar-benar menghidupi apa yang dikatakan-Nya. Sabda itu terbukti dalam karya yang telah diperbuat-Nya. Itulah yang membuat iman kita bertahan. Kalau mengimani dan menerima Yesus hanya karena sesuai pikiran kita, itu bukanlah iman yang mendalam. Tuhan akan kita perlakukan sebagai pemuas hasrat dan keinginan belaka.

Di tengah hidup bersama orang lain, kita juga dipanggil menghargai sesama apapun latar belakangnya. Sebab tidak ada dari kit yang memilih sendiri latar belakang di mana kita dilahirkan. Apalagi berelasi hanya demi kepentingan sesaat. Memandang dan menerima orang lain apa adanya, memandang latar belakang merupakan wujud penerimaan kita akan Yesus.


0 Response to "RENUNGAN PAGI (SENIN, 8 MARET 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel