RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 7 FEBRUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 7 FEBRUARI 2021

Pekan Biasa V (HIJAU)

St. Rikardus; St. Koleta; 

BACAAN I: Ayb. 7:1-4.6-7

MAZMUR: : 147:1-2.3-4.5-6;

BACAAN II: 1Kor. 9:16-19.22-23

BACAAN INJIL: Markus 1:29-39

"Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit"

Sekeluarnya dari rumah ibadat itu Yesus dengan Yakobus dan Yohanes pergi ke rumah Simon dan Andreas. Ibu mertua Simon terbaring karena sakit demam. Mereka segera memberitahukan keadaannya kepada Yesus. Ia pergi ke tempat perempuan itu, dan sambil memegang tangannya Ia membangunkan dia, lalu lenyaplah demamnya. Kemudian perempuan itu melayani mereka. Menjelang malam, sesudah matahari terbenam, dibawalah kepada Yesus semua orang yang menderita sakit dan yang kerasukan setan. Maka berkerumunlah seluruh penduduk kota itu di depan pintu. Ia menyembuhkan banyak orang yang menderita bermacam-macam penyakit dan mengusir banyak setan; Ia tidak memperbolehkan setan-setan itu berbicara, sebab mereka mengenal Dia. Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana. Tetapi Simon dan kawan-kawannya menyusul Dia; waktu menemukan Dia mereka berkata: "Semua orang mencari Engkau." Jawab-Nya: "Marilah kita pergi ke tempat lain, ke kota-kota yang berdekatan, supaya di sana juga Aku memberitakan Injil, karena untuk itu Aku telah datang." Lalu pergilah Ia ke seluruh Galilea dan memberitakan Injil dalam rumah-rumah ibadat mereka dan mengusir setan-setan.

RENUNGAN:

Ada saat dimana hidup menjadi gelap. Semuanya serba asam, pahit, sesak, terhimpit, tak bisa bergerak. Semua serba layu dan kering, tanpa harapan, tanpa masa depan. Hidup seperti perjalanan berat: memikul peti mati untuk diri sendiri menuju kubur kebuntuan kekal. Itulah yang dirasakan Ayub. Resah dan gelisah, tetapi tak tahu mau kemana dan dengan siapa.

Ada saatnya kita seperti Ayub: dimana-mana seperti penuh masalah. Di rumah: keluarga sakit, kurang ini dan itu, keluarga konflik, dll. Di jalan: macet, diancam pencopet, kecelakaan, dll. Di tempat kerja semua seperti sia-sia. Ini mungkin saat kelahiran kembali. Hidup adalah rahim kehidupan, ada saatnya kita harus keluar dari rahim yang satu ke yang lain. Ini menyakitkan, tetapi harus dilewati. Seperti Ayub, ini akhirnya mengubah cara pandang tentang dirinya, manusia, dunia, dan Allah. Ayub berubah karena berada dalam relasi dengan Tuhan lewat firman-Nya.

Firman Tuhan adalah pedang, yang siap memutuskan tali-tali penyanggah kita yang lama, tetapi juga membuat jalan baru untuk kita. Karena itu, panggilan yang hakiki untuk orang beriman adalah lewat pewartaan kabar baik. “Celakalah aku jika aku tidak mewartakan Injil”, kata Paulus dalam bacaan kedua. Injil itulah sukacita kehidupan: dari kesesakan kita dibawa ke lapangan, dari gelap menuju terang. Kenyataan itu, ditunjukan Yesus dalam bacaan Injil, Ia menyembuhkan orang sakit dan mengusir kekuatan kegelapan. Yesus telah menjadi jalan dalam kebuntuan, Ia menjadi dokter. Cahaya di tengah kegelapan hidup. Dengan-Nya beban hidup menjadi ringan.

Ya Bapa, kami sering merasa hidup ini sebagai sebuah penjara. Jauh dari sukacita dan kebahagiaan. Namun, kami tahu bahwa Engkaulah sumber hidup. Bantulah kami untuk tidak menjadi beban hidup, tetapi menjadi sumber sukacita bagi sesama. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 7 FEBRUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel