BAHAN APP 2021 PERTEMUAN KE2 (BERPENGHARAPAN)

BAHAN APP 2021


Tema APP 2: 

BERPENGHARAPAN:

Menyambut Vaksin dengan Gembira dan berharap Pandemi Segera Berakhir


Tujuan Pertemuan:

1. Umat menggali keuatamaan pengharapan kristiani yang tumbuh di masa pandemic

2. Umat menyambut dengan gembira program vaksin yang sedang berlangsung dan dengan demikian pandemic akan segera berakhir.


LANGKAH-LANGKAH PERTEMUAN

PEMBUKA

1. Nyanyian (Pilih lagu masa prapaskah)

2. Tanda Salib dan Salam

3. Pengantar 

Keutamaan yang mau didalami dalam pertemuan yang kedua ini adalah harapan. Harapan berbeda dengan optimisme. Yang membedakannya adalah kalau pengharapan itu mendasarkan pada janji Tuhan, “Ia yang telah memulai karya yang baik ini dan akan menyelesaikannya pula”. Sedangkan optimisme itu mendasarkan pada kekuatan dan perhitungan manusiawi semata. Ada banyak ungkapan yang menunjukkan bahwa orang sungguh punya pengharapan, bukan optimisme. Misalnya ungkapan “Gusti mesti paring dalan” (Tuhan pasti memberi jalan), “Gusti mboten sare” (Tuhan tidak tidur), “Tuhan tidak akan menguji kita melampaui batas kemampuan kita”, dll. 

Dalam masa pandemi ini, pengharapan itu sungguh-sungguh diperlukan supaya orang tidak jatuh pada keputusasaan. Keputusasaan akan membuat orang sedemikian tidak peduli akan bahaya virus corona ini, bahkan tidak percaya kalau ada virus corona yang mengancam. Kita semua punya pengharapan bahwa pandemi ini segera berakhir. Ada informasi dari pemerintah bahwa vaksin sudah datang ke Indonesia dan program vaksinasi akan segera dijalankan. Hal ini tentu memberi secercah pengharapan bagi kita. Semoga pandemi ini segera berakhir. 

Dari pertemuan ke-2 ini, diharapkan kita tetap mempunyai pengharapan. Penting sekali menumbuhkan pengharapan ini bagi kita terutama yang paling rawan terkena virus corona ini yaitu mereka para lansia (lanjut usia) dan mereka yang memiliki penyakit bawaan. 

4. Doa Pembuka (dibuat sendiri, bisa diambil dari PS 88)


MENIMBA INSPIRASI SABDA TUHAN

1. Membaca Injil Yohanes 5:1-18

2. Menonton Video APP pertemuan ke-2, Lihat Video

3. Merenungkan Sabda Tuhan.

Kisah penyembuhan ini terjadi pada hari Sabat di kolam Betesda. Dikisahkan, bagaimana Yesus menjadi pengharapan bagi orang yang sudah 38 tahun sakit, yang tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam kolam ketika air kolam itu mulai berguncang. Pertanyaan Bantuan Refleksi:

1. Dari kisah dari Kitab Suci tadi, bagaimana perasaan orang yang sakit lumpuh selama 38 tahun di kolam Betesda itu? Apa harapannya?

2. Bagaimana perasaan dua tokoh dalam video tadi yang kehilangan orang yang dicintainya karena covid-19? Apa bentuk penghiburan dan pengharapan mereka?

3. Apakah dalam masa pandemic ini, saya masih mempunyai pengharapan? Apa harapan Anda?

4. Sharing pengalaman iman

Kita telah membaca dan mendengarkan Sabda Tuhan. Kita juga telah menonton video APP ke-2. Baru saja kita merenungkan Sabda Tuhan dengan bantuan pertanyaan. Sekarang, mari kita sharingkan/kita bagi pengalaman kita kepada yang lain untuk saling memperkaya dan memperdalam iman kita.


PENUTUP

1. Doa Umat

Doa bisa dibuat sendiri dengan ujub doa untuk: 1. Keselamatan jiwa bagi mereka yang telah meninggal. 2. Kesehatan dan kekuatan dari para dokter, perawat, dan paramedis. 3. Kelancaran dan kesuksesan program vaksinasi warga bangsa Indonesia. 4. Kesehatan dan kesejahteraan bagi kita.

2. Bapa Kami dan Salam Maria

3. Tanda Salib

4. Lagu Penutup


0 Response to "BAHAN APP 2021 PERTEMUAN KE2 (BERPENGHARAPAN)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel