RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 12 JANUARI 2021)

RENUNGAN HARIAN


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 12 JANUARI 2021

Pekan Biasa I (HIJAU)

Sta. Hilda; St. Modestus

BACAAN I: Ibr. 2:5-12

MAZMUR: 8:2a.5.6-7.8-9;

BACAAN INJIL: Makus. 1:21b-28

Setelah hari Sabat mulai, Yesus segera masuk ke dalam rumah ibadat dan mengajar. Mereka takjub mendengar pengajaran-Nya, sebab Ia mengajar mereka sebagai orang yang berkuasa, tidak seperti ahli-ahli Taurat. Pada waktu itu di dalam rumah ibadat itu ada seorang yang kerasukan roh jahat. Orang itu berteriak: "Apa urusan-Mu dengan kami, hai Yesus orang Nazaret? Engkau datang hendak membinasakan kami? Aku tahu siapa Engkau: Yang Kudus dari Allah." Tetapi Yesus menghardiknya, kata-Nya: "Diam, keluarlah dari padanya!" Roh jahat itu menggoncang-goncang orang itu, dan sambil menjerit dengan suara nyaring ia keluar dari padanya. Mereka semua takjub, sehingga mereka memperbincangkannya, katanya: "Apa ini? Suatu ajaran baru. Ia berkata-kata dengan kuasa. Roh-roh jahatpun diperintah-Nya dan mereka taat kepada-Nya." Lalu tersebarlah dengan cepat kabar tentang Dia ke segala penjuru di seluruh Galilea.

RENUNGAN:

Banyak sekali orang memposting tokoh atau keberhasilan orang di berbagai media sosial. Misalnya, mengirimkan kutipan khotbah bagus dari uskup ini atau itu. Sayangnya, hanya sampai pada memposting, namun tidak ikut melakukan perbuatan-perbuatan baik itu.

Demikian juga dengan banyak orang bahkan juga para murid di Sinagoga ketika mereka mendengar khotbah Yesus. Mereka berhenti pada rasa kagum akan khotbah Yesus yang penuh kuasa namun tidak mampu melanjutkan dengan apa yang diharapkan Yesus. Mengagumi adalah hal yang mudah tetapi melaksanakan ajaran Yesus perlu keberanian untuk mencoba. Sekali lagi tindakan Yesus memunculkan rasa kagum di hati jemaat yang melihat peristiwa itu. Namun sayangnya mereka hanya berhenti pada rasa takjub melihat tindakan dan kuasa Yesus. Kekaguman tidak mengarahkan mereka untuk percaya pada Yesus. Padahal takjub saja tidak cukup, tetapi imanlah yang penting. Tragis sekali memperlihatkan orang-orang dalam rumah ibadat itu. Firman telah mereka dengar, mukjizat telah mereka saksikan, tetapi semua itu tidak mengubah hati mereka untuk berbalik pada Yesus.

Pengalaman di Sinagoga dimana banyak orang menjadi kagum juga sering kita temukan dalam kehidupan menggereja. Tidak kurang melalui aneka peristiwa iman, Gereja menghadirkan karya keselamatan. Akan tetapi, kerap kali kita hanya berhenti pada rasa kagum, tertarik, bangga, bahkan adorasi dengan tekun. Kita tidak percaya. Buktinya hidup kita masih jauh dari kesejatian iman akan Yesus dimana kelakuan dan sikap kita jauh dari belas kasih, adil, dan benar. Inilah bukti ketidakpercayaan itu, yaitu hidup Yesus tidak kita hidupi dalam perilaku kita sehari-hari.

Allah Bapa Yang Mahakasih, syukur atas kehadiran Yesus Putra-Mu dalam aneka peristiwa iman Gereja. Semoga kami menjadi umat yang percaya pada Putra-Mu dengan mewujudkan sikap hidup-Nya dalam tingkah laku kami. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 12 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel