RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 11 DESEMBER 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SENIN, 11 DESEMBER 2020

O Pekan I - Pekan Biasa I (HIJAU)

St. Aleksander; St. Petrus Balsamus

BACAAN I: Ibr. 1:1-6

MAZMUR: 97:1.2b.6.7c.9;

BACAAN INJIL: Markus 1:14-20

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

BACA JUGA: Download Kalender Liturgi Januari 2021 Tahun B/1

RENUNGAN:

Setelah Yohanes Pembaptis dipenjarakan, kemudian Yesus pergi ke Galilea. Ia mewartakan pertobatan demi Kerajaan Allah. Dalam perjalan itu, Yesus memanggil beberapa orang untuk menjadi murid-Nya. Panggilan para murid dimulai dari Simon dan Andreas. Mereka adalah nelayan. Ketika mendengar panggilan Yesus, mereka segera meninggalkan jala dan mengikuti Dia. Respons yang sama juga ditunjukan oleh Yohanes dan Yakobus. Yesus memperlihatkan otoritas-Nya karena Ia mampu memanggil orang keluar dari pekerjaan mereka dan menjadikan mereka sebagai murid-Nya. Yesus berjanji akan mengubah hidup mereka dari panjala ikan menjadi penjala manusia. Mereka akan memberitakan kabar yang akan mengubah hidup orang lain.

Orang-orang yang dipilih Yesus tidak sempat mempersiapkan diri. Ia memang tidak memilih orang yang terampil atau terkenal. Bahkan mereka bukan orang yang religius. Ia tidak menemui mereka di rumah ibadah, tetapi di pantai, ketika sedang bekerja. Panggilan untuk mengikut Dia mengubah segala sesuatu dalam hidup mereka; keluarga, pekerjaan, dan lain sebagainya. Menjadi murid memang berarti mematuhi panggilan Yesus tanpa syarat. Panggilan menjadi murid bukan panggilan untuk menjadi relawan, yaitu bekerja sesuai minat dan waktu kita.

Menjadi murid Yesus tidak lain menjadi milik-Nya sepanjang waktu. Sebagai murid Kristus, hidup kita sedang dirubah. Kita dipanggil untuk memiliki gaya hidup Yesus: melayani untuk kemuliaan Allah. Tidak semua orang mau memberi respons positif atas panggilan Yesus. Ada yang khawatir bila hidup dan kesenangannya dirampas oleh Yesus. Bagaimana dengan kita? Masih ragu? Ingatlah jawaban keempat murid yang spontan meninggalkan pekerjaan dan mengikuti Dia. Kita juga dipanggil dalam situasi zaman ini untuk menjawab-Nya.

Allah Bapa Yang Maharahim, dunia membutuhkan murid-murid-Mu yang handal untuk mewartakan pertobatan. Panggilah diantara kami, khususnya kaum muda, untuk menjadi pekerja di kebun anggur-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SENIN, 11 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel