RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 23 JANUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 23 JANUARI 2021

Hari Biasa II (HIJAU)

St. Yohanes Penderma; St. Martina

BACAAN I: Ibr. 9:2-3.11-14

MAZMUR: 47:2-3.6-7.8-9;  

BACAAN INJIL: Markus. 3:20-21

Kemudian Yesus masuk ke sebuah rumah. Maka datanglah orang banyak berkerumun pula, sehingga makanpun mereka tidak dapat. Waktu kaum keluarga-Nya mendengar hal itu, mereka datang hendak mengambil Dia, sebab kata mereka Ia tidak waras lagi.

RENUNGAN:

Keluarga dan orang banyak melihat Yesus sebagai Pribadi yang aneh. Yesus dianggap tidak waras karena melakukan hal yang tidak biasa, melakukan perbuatan baik sampai melupakan diri-Nya. Sedangkan, bagi kaum iman dan ahli Taurat, perbuatan baik Yesus dianggap persekutuan dengan Beelzebul. Mereka melihat Yesus sebagai orang aneh bahkan sebagai orang ‘gila’ karena apa yang Yesus lakukan tidak biasa, tidak sama dengan mereka, dan jauh dari harapan mereka serta hal-hal umum.

Padahal apa yang dilakukan Yesus adalah wujud dari kedatangan-Nya di dunia, yaitu menghadirkan Kerajaan Allah. Kerajaan yang mewujud dalam tindakan melawan kejahatan (setan-setan), memberikan harapan kepada yang sakit dan menderita, memberikan kesembuhan yang berbeban berat. Yesus datang untuk memberikan sebuah pembebasan karena kehendak Allah bukan karena kehendak-Nya. Lalu, mengapa para imam Yahudi marah? Mereka marah karena takut kalau semua orang datang kepada Yesus dan meninggalkan mereka. Ditinggalkan banyak orang berarti juga banyak kepentingan diri yang hilang.

Menjadi ‘berbeda’ bahkan melawan arus untuk memberikan harapan demi kesembuhan banyak orang kadang memang tidak dimengerti, terlebih bagi mereka yang kepentingannya terganggu. Akan tetapi, itulah yang mesti dilakukan sebagai wujud dari jawaban iman kepada Yesus, Sang Pengharapan Sejati. 

Bapa Yang Mahakasih, tuntunlah kami agar kami semakin bertumbuh dan berbuah dalam iman akan Engkau. Semoga kami tetap berani dan lantang mewartakan apa yang benar agar kerajaan-Mu semakin nyata di bumi seperti di surga. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 23 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel