RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 24 JANUARI 2021)

RENUNGAN HARIAN MINGGU 24 JANUARI 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 24 JANUARI 2021

Pekan Biasa III (HIJAU)

HARI MINGGU SABDA ALLAH

BACAAN I: Yun. 3:1-5.10

MAZMUR: : 25:4bc-5ab.6-7bc.8-9;

BACAAN II: 1Kor. 7:29-31

BACAAN INJIL: Markus 1:14-20

Sesudah Yohanes ditangkap datanglah Yesus ke Galilea memberitakan Injil Allah, kata-Nya: "Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!" Ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat Simon dan Andreas, saudara Simon. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus meneruskan perjalanan-Nya sedikit lagi, dilihat-Nya Yakobus, anak Zebedeus, dan Yohanes, saudaranya, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus segera memanggil mereka dan mereka meninggalkan ayahnya, Zebedeus, di dalam perahu bersama orang-orang upahannya lalu mengikuti Dia.

RENUNGAN:

Setelah kematian Yohanes, mungkin banyak dari kalangan orang Yahudi dan kaum Farisi yang mengira Yesus juga akan bersembunyi. Ternyata tidak. Malahan Yesus datang ke Galilea untuk mewartakan Kerajaan Allah dengan relefan: “Bertobatlah dan percayalah kepada Injil”. Seruan kenabian ini mengajak umat manusia untuk kembali kepada Allah dan menerima kabar gembira yang diwartakan Yesus.

Menyadari betapa pentingnya pewartaan Injil dan mendesaknya untuk melanjutkan kenabian, Yesus membutuhkan bantuan banyak orang. Maka, dipilihlah beberapa orang dari penjala ikan untuk dijadikan penjala manusia. Para murid bukan orang-orang hebat, mereka adalah orang-orang biasa, sederhana, mungkin juga tidak pandai. Mereka adalah nelayan. Pekerjaan bagi masyarakat jelata. Akan tetapi, Yesus berinisiatif untuk memilih mereka dan mengubah mereka dari penjala ikan menjadi penjala manusia.

Para murid yang dipanggil pun tidak banyak protes. Mereka langsung mengikuti Yesus dan meninggalkan apa yang selama ini mereka tekuni. Menjadi murid Yesus adalah rahmat. Inisiatif itu pertama-tama datang dari Yesus. Dari pihak para murid hanya dibutuhkan kemauan untuk berkata ‘Siap’. Bahkan mereka tidak ada persiapan sama sekali. Mereka segera meninggalkan apa yang selama ini jadi andalan mereka dan dengan segera dan tanpa menunda mereka mengikuti Yesus. Bagaimana dengan kita? Apakah kita siap mengikuti Yesus? Menjadi seorang murid tidak butuh kehebatan kita melainkan keterbukaan pada kehendak-Nya dan siap diubah oleh Yesus.

Bapa kami yang di surga, berilah kami hati yang terbuka seperti para murid yang segera mengikuti Putra-Mu dan siap untuk dibentuk menjadi pewarta kasih-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 24 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel