RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 22 JANUARI 2021)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 22 JANUARI 2021

Pekan Biasa II (HIJAU)

St. Anastasius; St. Vinsencius

BACAAN I: Ibr. 8:6-13

MAZMUR: 85:8.10.11-12.13-14;

BACAAN INJIL: Markus 3:13-19

Kemudian naiklah Yesus ke atas bukit. Ia memanggil orang-orang yang dikehendaki-Nya dan merekapun datang kepada-Nya. Ia menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia dan untuk diutus-Nya memberitakan Injil dan diberi-Nya kuasa untuk mengusir setan. Kedua belas orang yang ditetapkan-Nya itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudara Yakobus, yang keduanya diberi-Nya nama Boanerges, yang berarti anak-anak guruh, selanjutnya Andreas, Filipus, Bartolomeus, Matius, Tomas, Yakobus anak Alfeus, Tadeus, Simon orang Zelot, dan Yudas Iskariot, yang mengkhianati Dia.

RENUNGAN:

Pelayanan Yesus di dunia ini tidak lama. Hanya sekitar tiga tahun. Setelah itu kembali kepada Bapa-Nya. Apakah dengan demikian pekerjaan-Nya selesai? Jalan salib adalah pekerjaan yang Dia selesaikan sebelum kembali kepada Bapa. Namun, ada pekerjaan yang masih harus diteruskan. Untuk itulah Yesus memilih dua belas orang untuk mengikuti Dia. Mereka inilah yang kelak akan melanjutkan apa yang telah dimulai Yesus.

Yesus menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia. Mereka bukan hanya akan menjadi murid yang belajar dari Sang Guru, melainkan juga menjadi sahabat dan rekan kerja Yesus. Sebagai murid, kedua belas orang itu harus belajar dari kehidupan Yesus, hari demi hari. Mereka harus mengikuti Dia kemana pun Dia pergi, bercakap-cakap dengan Dia, dan belajar dari Dia. Injil Markus secara keseluruhan memperlihatkan pada kita bahwa sebagian besar waktu Yesus dipakai untuk mengajar mereka. Selain dipanggil untuk menikmati persekutuan dengan Dia, sebagai rasul mereka juga akan diutus untuk melayani. Pelayanan mereka akan mencakup pemberitaan Kabar Baik serta mengusir setan. Doa dan pelayanan itulah panggilan kemuridan.

Meskipun kita tidak termasuk dalam bilangan kedua belas rasul, prinsip panggilan kemuridan itu sama. Pertama, hidup bersatu dalam Yesus. Kedua, menerima perutusan-Nya. Ketiga, bertindak mengalahkan setan dan maut melalui budaya keadilan, kebenaran, dan belas kasih. Yang pertama dilakukan dengan aneka kegiatan liturgi. Bagaimana dengan kedua dan ketiga? Sebagaimana seruan Paus Fransiskus dalam Gaudate et Exultate maupun dalam Laudati Si, yaitu tidaklah lengkap kalau hanya berliturgi, harus dilanjutkan dengan bermisi serta terlibat mewujudkan kebaikan untuk rumah kita bersama.

Allah Bapa, semoga doa-doa yang kami panjatkan mampu kami amalkan dalam bermisi dan terlibat dalam pergumulan bersama bangsa manusia. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 22 JANUARI 2021)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel