RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 5 DESEMBER 2020)

renungan harian sabtu 5 desember 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 5 DESEMBER 2020

PEKAN I ADVEN (UNGU)

St. Sabbas; St. Reinardus

BACAAN I: Yes. 30:19-21.23-26

MAZMUR: 147:1-6;  

BACAAN INJIL: Mat. 9:35-10:1.6-8

Injil Matius. 9:35-10:1.6-8

Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. Melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.

RENUNGAN:

Kita tidak perlu khawatir karena Allah selalu menyertai kita. Allah mempunyai cara sendiri untuk menjaga kita, seperti seorang gembala yang berjalan di depan dan kawanan domba mengikutinya, atau sebaliknya ia ada di belakang. Kita menyadari bahwa dalam perjalanan hidup ini tidak terlepas dari berbagai persoalan dan kesulitan yang membuat kita lemah, patah semangat, dan putus asa. Pengalaman umat Israel yang diam di Yerusalem mengingatkan kita bahwa dibutuhkan ketaatan kepada Tuhan. Walaupun umat Israel sudah mengalami keajaiban Tuhan, namun mereka tetap lemah. Mereka selalu bersungut-sungut dan tidak lagi mengandalkan Tuhan. Padalah Tuhan tidak akan membiarkan umat-Nya terus terkurung oleh penderitaan. Ia selalu berbelaskasihan bila kita berseru minta tolong kepada-Nya.

Belas kasihan Allah tidak hanya sebatas sebuah ajaran atau kata-kata, tetapi sebuah tindakan nyata sebagaimana yang telah dilakukan Yesus. Kedatangan Yesus ke dunia adalah perwujudan belas kasih Allah untuk menyelamatkan manusia. Dalam Injil hari ini, dikisahkan bahwa Yesus berjalan ke semua kota dan desa, mengajar dalam rumah ibadat dan memberitakan Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit. Yesus juga selalu menyertakan orang lain, yakni para murid untuk bekerja sama dengan-Nya dan memberikan kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat serta menyembuhkan penyakit.

Yesus juga mengendaki hal yang sama kepada kita. Yang diminta dari kita adalah ketaatan dan kesiapsediaan kita untuk dipakai Allah untuk menyalurkan berkat kepada sesama. Melalui kesaksian hidup kita di tengah keluarga, lingkungan pekerjaan, dan masyarakat, kita sudah mengambil bagian dalam pekerjaan Allah untuk mewartakan sukacita kepada segenap ciptaan-Nya.

Ya Allah, berilah kami kekuatan untuk senantiasa taat dan mengandalkan Engkau dalam situasi apapun sehingga kami dapat merasakan belas kasih-Mu. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 5 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel