RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 4 DESEMBER 2020)

renungan harian jumat 4 desember 2020


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 4 DESEMBER 2020

PEKAN I ADVEN (UNGU)

St. Barbara; St. Kristian

BACAAN I: Yes. 29:17-24

MAZMUR: 27:1.4.13-14;

BACAAN INJIL: Mat. 9:27-31

Injil Lukas 9:27-31

Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: "Kasihanilah kami, hai Anak Daud." Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya." Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu." Maka meleklah mata mereka. Dan Yesuspun dengan tegas berpesan kepada mereka, kata-Nya: "Jagalah supaya jangan seorangpun mengetahui hal ini." Tetapi mereka keluar dan memasyhurkan Dia ke seluruh daerah itu.

RENUNGAN:

Hidup dalam penindasan yang berkepanjangan bisa membuat kita kecewa dan berputus asa. Kita merasa kepertinya keadilan tidak mungkin lagi diperjuangkan. Dalam situasi seperti ini kita bisa kehilangan harapan, bahkan tidak lagi percaya Tuhan. Inilah persoalan utama yang dialami Israel ketika ketidakadilan menimpa mereka. Secara kasat mata terlihat banyak orang yang sengsara dan miskin. Perwartaan Nabi Yesaya memberikan peneguhan bahwa dalam keadaan apa pun kita tetap menaruh harapan besar kepada Allah. Sebab, tolok ukur keadilan bukanlah didasarkan pada situasi atau semata-mata usaha manusia, melainkan juga pada belas kasih Allah. 

Sebagai orang beriman kita harus optimis dan selalu berpengharapan seperti yang diwartakan dalam Injil hari ini. Berserulah kepada Tuhan dan mohon belas kasih-Nya. Sebab seseorang beroleh kesembuhan dari Tuhan bukan karena ia baik dan layak, atau karena ia adalah seorang kaya, terkenal, berparas cantik atau tampan, melainkan semata-mata oleh karena belas kasihan Allah. Ketika Yesus bertemu orang sakit seperti dalam cerita Injil hari ini, Ia tidak pernah bertanya berapakah banyak uangmu? Kamu berasal dari kelompok mana? Tetapi Ia bertanya: ‘Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?’ Artinya, dituntut suatu iman dan selalu terbuka kepada rencana Tuhan meskipun dalam situasi yang tidak menyenangkan.

Ya Allah, banyak kesulitan yang kami alami dalam hidup ini. Dengan rendah hati kami mohon utuslah Roh Kudus-Mu supaya kami tetap teguh dalam iman dan tegar menghadapi situasi sulit dalam hidup. Amin        


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 4 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel