RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 6 DESEMBER 2020)

renungan harim minggu 6 desember 2020

RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 6 DESEMBER 2020

PEKAN II ADVEN (UNGU)

St. Nikolaus dr Myra

BACAAN I: Yes. 40:1-5.9-11

MAZMUR: 85:9ab-10.11-12.12-14;

BACAAN II: 2Ptr. 3:8-14

BACAAN INJIL: Mrk. 1:1-8

Injil Markus 1:1-8

Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah. Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: "Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu; ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya," demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan menyerukan: "Bertobatlah dan berilah dirimu dibaptis dan Allah akan mengampuni dosamu." Lalu datanglah kepadanya orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem, dan sambil mengaku dosanya mereka dibaptis di sungai Yordan. Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, dan makanannya belalang dan madu hutan. Inilah yang diberitakannya: "Sesudah aku akan datang Ia yang lebih berkuasa dari padaku; membungkuk dan membuka tali kasut-Nyapun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus."

RENUNGAN:

Secara politis, sosial dan ekonomi Israel mengalami kemerosotan bahkan bisa dikatakan lumpuh dan tak berdaya. Tekanan hidup yang begitu berat dan periode yang cukup di dalam pembuangan telah membuat sebagian orang merasa pesimis dan kehilangan harapan. Situasi itu membuat mereka kurang sabar dan mulai kehilangan iman. Itu sebabnya Nabi Yesaya mewartakan suatu penghiburan akan pengampunan dari Tuhan sekaligus sebuah seruan kepada umat untuk menyiapkan hati menyambut hari pembebasan yang akan segera tiba. Selama hati seseorang dikuasai oleh keputusasaan, ia tidak akan pernah melihat dan menyambut keselamatan yang datang dari Tuhan. Yesaya juga berseru bahwa hidup manusia itu terbatas seperti bunga rumput. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan anugerah yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Seruan seperti ini jugalah yang disampaikan oleh Yohanes pembaptis ketika ia diberikan tugas mempersiapakan jalan bagi Tuhan. Banyak orang kehilangan harapan dan akhirnya berputus asa menjalani hidupnya karena penjajahan Romawi dan pemimpin agama yang munafik. Yohanes menyerukan penghiburan, pengharapan, dan kepastian akan janji Allah seperti yang ditawarkan Injil Markus hari ini.

Hidup yang mengungkapkan penyerahan diri dan setia terhadap Tuhan merupakan tindakan pertobatan untuk menyambut kedatangan Tuhan sebagaimana diserukan oleh Yohanes Pembaptis. Kini kita telah memasuki masa adven. Marilah kita membuka hati seraya melakukan pertobatan sehingga kita menyambut Tuhan dengan hati bersih.

Ya Allah, berilah kami kerendahan hati supaya kami mampu mensyukuri aneka berkat yang Engkau anugerahkan kepada kami setiap waktu. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 6 DESEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel