RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 31 OKTOBER 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 31 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXX (HIJAU) 

St. Alfonsus Rodriquez.

BACAAN I: Flp.1:18b-26

MAZMUR: 42:2.3.5bcd; 

BACAAN INJIL: Luk.14:1.7-11

Injil Lukas 14:1.7-11

Barang siapa meninggikan diri, akan direndahkan; dan barang siapa merendahkan diri akan ditinggikan.

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: "Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu, supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah. Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan."

RENUNGAN:

Pada hari ini Yesus mengak para murid untuk menjadi pribadi yang rendah hati dengan selalu mendahulukan kepantingan orang lain daripada kepentingan diri sendiri. Rendah hati berarti tidak menyombongkan kemampuan diri sendiri dan merendahkan orang lain juga memberikan kepada orang lain untuk bertumbuh dan berkembang. Di hadapan Allah, orang yang rendah hati akan mendapatkan tempat yang paling utama dan orang yang sombong akan mendapatkan tempat yang paling rendah.

Agar kita bisa bersilap rendah hati, kita diajak untuk menyadari bahwa segala sesuatu yang kita miliki, termasuk hidup kita adalah milik Allah. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kita untuk meninggikan diri dan merendahkan orang lain, karena semua manusia dihadapan Allah pada dasarnya sama. Selalu mengucap syukur atas kebaikan Allah dan menggunakan sesuatu yang Tuhan berikan kepada kita secara penuh dengan kerendahan hati merupakan sikap seorang yang mengakui diri beriman Katolik. Semakin kita rendah hati semakin mudah kita bersyukur dan semakin kita sering bersyukur semakin kita dekat dengan Tuhan dan sesama.

Allah Yang Mahakuasa, semoga kuasa-Mu mengubah kami menjadi pribadi yang mampu bersyukur dan rendah hati dalam hidup sehari-hari. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 31 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel