RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 1 NOVEMBER 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

MINGGU, 1 NOVEMBER 2020

HR. SEMUA ORANG KUDUS (PUTIH)

BACAAN I: Why. 7:2-4.9-14

MAZMUR: 24:1-2.3-4ab.5-6;

BACAAN II: 1Yoh.3:1-3

BACAAN INJIL: Mat.5:1-12a

Injil Matius 5:1-12a

Bersukacita dan bergembiralah, karena bersarlah ganjaranmu di surga.

Ketika Yesus melihat orang banyak itu, naiklah Ia ke atas bukit dan setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Maka Yesuspun mulai berbicara dan mengajar mereka, kata-Nya: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hatinya, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya oleh sebab kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga. Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacita dan bergembiralah, karena upahmu besar di sorga.

RENUNGAN:

Banyak orang berkata bahwa hidup itu tidak adil. Dunia menjunjung tinggi kesempurnaan fisik, kekayaan, popularitas, dan kedudukan. Setiap hari media sosial mencuci otak banyak orang bahwa seolah yang bahagia hanyalah yang punya ketegori-kategori itu. Maka tidak heran jika kita melihat kenyataan masyarakat di media sosial tampak yang kaya tambah kaya, sementara yang miskin tambah miskin. Dalam Sabda Bahagia yang ditawarkan Yesus, kita bisa menimba inspirasi bahwa segala konsep palsu tentang kebahagiaan yang digembar-gemborkan oleh dunia. Apa yang dianggap oleh dunia sebagai orang meginal justru kepada merekalah Allah berpihak. Allah yang akan membela mereka yang tertindas dan tidak mempunyai penolong.

Setiap orang yang dibaptis menerima identitas baru sebagai anak-anak Allah, yang memasang dipilih dan dipisahkan oleh Allah dari dunia ini, entah cara hidupnya, perjuangannya, kesaksian hidupnya, sampai akhir hidupnya kelak. Inilah yang menjadi harapan iman setiap orang yang beriman pada Kristus, Sang Anak Domba Allah. Dalam Kitab Wahyu digambarkan tata dunia baru dimana Allah akan meraja dan berdaulat di antara seluruh ciptaan.

Allah Yang Mahakuasa, Engkau meraja atas alam semesta dan atas kami, anak-anak-Mu. Bukalah hati kami untuk melihat dan merasakan keagungan dan kebesaran kasih-Mu. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (MINGGU, 1 NOVEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel