RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 14 OKTOBER 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

RABU, 14 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXVIII (HIJAU)

St. Kallistus I; St. Yohanes Ogivie

BACAAN I:  Gal.5:18-25

MAZMUR: 1:1-2.3.4.6;

BACAAN INJIL: Luk. 11:42-46

Injil Lukas 11:42-46

Tetapi celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu membayar persepuluhan dari selasih, inggu dan segala jenis sayuran, tetapi kamu mengabaikan keadilan dan kasih Allah. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan. Celakalah kamu, hai orang-orang Farisi, sebab kamu suka duduk di tempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu, sebab kamu sama seperti kubur yang tidak memakai tanda; orang-orang yang berjalan di atasnya, tidak mengetahuinya." Seorang dari antara ahli-ahli Taurat itu menjawab dan berkata kepada-Nya: "Guru, dengan berkata demikian, Engkau menghina kami juga." Tetapi Ia menjawab: "Celakalah kamu juga, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu meletakkan beban-beban yang tak terpikul pada orang, tetapi kamu sendiri tidak menyentuh beban itu dengan satu jaripun.

RENUNGAN:

Dalam Injil hari ini Yesus kembali mengecam keras orang-orang Farisi dan ahli Taurat. Kecaman Yesus bukan tanpa alasan. Orang-orang Farisi secara kasat mata bertindak hanya demi kehormatan. Sementara, ahli-ahli Taurat meletakan beban-beban yang berat kepada orang lain dan mereka sendiri berleha-leha dalam kemalasan dan kesombongan mereka.

Sikap-sikap orang Farisi dan ahli Taurat itu masih tumbuh subur di zaman sekarang. Tidak terlalu sulit untuk menjumpai orang-orang munafik, yang suka mendapat pujian, dan orang-orang yang meletakan beban pada orang lain. Kecaman yang sama juga dialamatkan kepada orang-orang seperti itu. “Celakalah kamu, yang suka duduk ditempat terdepan di rumah ibadat dan suka menerima penghormatan di pasar. Celakalah kamu juga, yang meletakan beban-beban yang tak terpikul pada orang....”

Mari kita bertanya kepada diri kita masing-masing: Apakah saya sering melakukan kebaikan semata untuk mendapatkan kehormatan? Apakah saya sudah bersikap jujur terhadap Tuhan? Apakah saya sudah bersikap jujur terhadap suami, istri, anak, teman, pimpinan, dll?

Allah Yang Mahakuasa, semoga kami tidak hanya pandai berbicara soal kasih, tetapi kami juga mampu menghidupi dan mewujudkan kasih itu dalam kehidupan harian kami. Amin 


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 14 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel