RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 13 OKTOBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 13 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXVIII (Hijau)

HARI MINGGU EVANGELISASI - St. Eduardus

BACAAN I: Gal.4:31b-5:6

MAZMUR: 119:41.43.44.45.47.48;

BACAAN INJIL: Luk.11:37-41

Injil LUKAS 11:37-41

Ketika Yesus selesai mengajar, seorang Farisi mengundang Dia untuk makan di rumahnya. Maka masuklah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan. Orang Farisi itu melihat hal itu dan ia heran, karena Yesus tidak mencuci tangan-Nya sebelum makan. Tetapi Tuhan berkata kepadanya: "Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. Hai orang-orang bodoh, bukankah Dia yang menjadikan bagian luar, Dia juga yang menjadikan bagian dalam? Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai sedekah dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

RENUNGAN:

Pada hari ini Yesus mengajak kita untuk tidak seperti orang-orang Farisi yang munafik. Orang Farisi sering menampilkan diri sebagai orang-orang religius, santun, dan agamis. Akan tetapi jiwa dan perilakunya sangat berbeda, bahkan bertolak belakang dengan apa yang ditampilkan. Oleh karena itu, Yesus mengatakan “.....kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan”. Mereka sengaja menampilkan diri seolah-olah baik dan peduli agar mereka mendapat pujian, penghargaan, dan bahkan keuntungan tertentu.

Kritik pedas yang dialamatkan kepada orang Farisi itu juga dialamatkan kepada kita. Pasalnya, diakui atau tidak kita sering melakukan hal seperti orang-orang Farisi. Kita suka melakukan sesuatu hanya untuk mendapat pengakuan dan penghargaan baik dari orang-orang yang ada disekitar kita. Atau kita berdoa hanya untuk dilihat orang, bukan lahir dari kesadaran yang mendalam. Sebagai anak-anak Tuhan kita diajak untuk menjadi pribadi yang jujur. Artinya, hidup apa adanya tanpa harus dibuat-buat; bukan untuk mengesani orang lain. Mari kita berusaha menjadi pribadi yang tulus dan jujur.

Allah Yang Maharahim, semoga kami berani menjadi pribadi yang jujur dan rendah hati dalam kehidupan harian kami. Amin  

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 13 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel