RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 15 OKTOBER 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 15 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXVIII (Warna Liturgi HIJAU)

HUT KONGREGASI SUSTER FRANSISKAN SANTA LUSIA

BACAAN I: Ef.1:1-10

MAZMUR: 98:1.2-3ab.3cd-4.5-6;

BACAAN INJIL: Luk.11:47-54

Injil Lukas 11:47-54

Celakalah kamu, sebab kamu membangun makam nabi-nabi, tetapi nenek moyangmu telah membunuh mereka. Dengan demikian kamu mengaku, bahwa kamu membenarkan perbuatan-perbuatan nenek moyangmu, sebab mereka telah membunuh nabi-nabi itu dan kamu membangun makamnya. Sebab itu hikmat Allah berkata: Aku akan mengutus kepada mereka nabi-nabi dan rasul-rasul dan separuh dari antara nabi-nabi dan rasul-rasul itu akan mereka bunuh dan mereka aniaya, supaya dari angkatan ini dituntut darah semua nabi yang telah tertumpah sejak dunia dijadikan, mulai dari darah Habel sampai kepada darah Zakharia yang telah dibunuh di antara mezbah dan Rumah Allah. Bahkan, Aku berkata kepadamu: Semuanya itu akan dituntut dari angkatan ini. Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat, sebab kamu telah mengambil kunci pengetahuan; kamu sendiri tidak masuk ke dalam dan orang yang berusaha untuk masuk ke dalam kamu halang-halangi." Dan setelah Yesus berangkat dari tempat itu, ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi terus-menerus mengintai dan membanjiri-Nya dengan rupa-rupa soal. Untuk itu mereka berusaha memancing-Nya, supaya mereka dapat menangkap-Nya berdasarkan sesuatu yang diucapkan-Nya.

RENUNGAN:

Sikap Yesus terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat yang sering munafik sangat jelas dan tegas. Injil hari ini mengajarkan kita agar tegas dan tidak kompromi terhadap berbagai hal yang bertentangan dengan kehendak Allah, merendahkan martabat manusia, dan merusak kesejahteraan hidup bersama. Menjadi murid Kristus memang harus baik, tetapi harus juga berani dan tegas untuk bersikap terlebih dalam melawan hal-hal yang membuat kita jatuh ke dalam dosa.

Zaman sekarang, ada banyak tawaran dan godaan yang sering datang dalam kehidupan kita. Terhadap hal-hal tersebut, kita diajak untuk selalu waspada sekaligus berani tegas untuk menolaknya. Terlebih, kita diajak untuk berani menghentikan kecenderungan dan keinginan kurang baik yang muncul dalam diri kita. Kita dituntut untuk tegas terhadap diri kita sendiri manakala ada kecenderungan untuk menyimpang dari hakikat kita sebagai manusia kristiani. Ketegasan yang sama juga berlaku untuk berbagai godaan dosa yang datang dari lingkungan sekitar kita, media sosial, dan pergaulan kita setiap hari.

Allah Yang Mahabijaksana, semoga kami semakin peka dengan hal-hal yang kurang baik dalam diri dan lingkungan kami serta kami berani menolaknya. Amin

0 Response to " RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 15 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel