RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 30 OKTOBER 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 30 OKTOBER 2020

PEKAN BIASA XXX (HIJAU)

St. Marcellus; B.Angelus dr Acri

BACAAN I: Flp.1:1-11

MAZMUR: 111:1-2.3-4.5-6;

BACAAN INJIL: Luk. 14:1-6

Injil Lukas 14:1-6

Barang siapa meninggikan diri, akan direndahkan; dan barang siapa merendahkan diri, akan ditinggikan.

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama. Tiba-tiba datanglah seorang yang sakit busung air berdiri di hadapan-Nya. Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: "Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?" Mereka itu diam semuanya. Lalu Ia memegang tangan orang sakit itu dan menyembuhkannya dan menyuruhnya pergi. Kemudian Ia berkata kepada mereka: "Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?" Mereka tidak sanggup membantah-Nya.

RENUNGAN:

Dalam Injil hari ini, Yesus kembali menyembuhkan orang sakit pada hari sabat. Peristiwa penyembuhan yang dilakukan itu menjadi pelajaran yang amat berharga bagi orang-orang Farisi yang sangat taat terhadap aturan, tetapi hati nurani dan rasa kemanusiaannya mati. Yesus ingin mengatakan bahwa diatas aturan itu masih ada hukum yang utama yaitu cinta kasih. Semua orang harus hidup dalam kasih, terutama untuk membantu orang-orang yang sedang sakit dan menderita. Taat pada aturan itu baik, tetapi jangan sampai ketaatan itu menjadi sekat sosial dan membuat manusia lupa untuk mengembangkan cinta kasih dalam hidup sehari-hari.

Sebagai anak-anak Tuhan kita diajak untuk selalu hidup dalam belas kasih. Disekitar kita masih banyak orang-orang yang hidupnya kurang beruntung dari segi ekonomi, pendidikan, lapangan kerja, kesempatan untuk berprestasi, dan juga informasi. Mereka adalah saudara-saudari kita dan sudah sepantasnya kita menjadi orang Katolik yang murah hati, peduli, dan rela berbagi. Setiap hari Tuhan selalu melimpahkan berkat kepada kita dan setiap hari juga kita diutus untuk membagi berkat itu kepada sesama tanpa pilih kasih.

Allah Yang Maharahim, semoga kami lebih bijaksana dalam menyikapi setiap aturan yang ada dalam hidup kami dan semoga kami senantiasa menempatkan cinta kasih sebagai landasan hidup kami. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 30 OKTOBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel