RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 29 SEPTEMBER 2020)

Malaikat Agung


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SELASA, 29 SEPTEMBER  2020

PEKAN BIASA XXVI (Hijau)

Pesta Malaikat Agung

BACAAN I: Dan. 7:9-10.13-14

MAZMUR: 138:1-2a.2b-3.4-5

BACAAN INJIL: Yoh. 1:47-51

Injil Yohanes 1:47-51

Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

RENUNGAN:

Pesta Malaikat Agung Mikhael, Gabriel, dan Rafael dirayakan Gereja untuk bersyukur atas karya keselamatan Allah yang dilaksanakan melalui para Malaikat Agung. Para Malaikat Agung membantu manusia sampai kepada keselamatan. Mereka mewakili hal paling dasar yang dibutuhkan dalam kehidupan manusia yaitu pergulatan, perutusan, dan kesehatan.

Mikhael artinya “Siapa dapat menyamai Tuhan?” Dalam kitab Wahyu digambarkan perempuan besar yang terjadi disurga. Mikhael dan malaikat-malaikatnya berperang melawan bala setan. Malaikat Mikhael menemani kita yang gigih berjuang memilih untuk setia kepada Tuhan. 

Gabriel artinya “Tuhan Kemenanganku”. Ia juga disebutkan dalam Kitab Daniel dan terutama kita kenal dalam Injil Lukas. Gabriel utusan Tuhan yang menyampaikan kepada Maria bahwa ia akan mengandung Yesus, Sang Juru Selamat. Gabriel adalah pembawa warta, utusan Tuhan untuk menyampaikan Kabar Sukacita. Bersama Malaikat Gabriel kita dibimbing untuk terbuka akan karya Allah dalam hidup kita, sehingga pada gilirannya kita juga dapat menjadi pewarta Injil kepada sesama.

Rafael artinya “Tuhan menyembuhkan”. Rafael dalam Kitab Tobit diutus untuk memberikan perlindungan serta penyembuhan bagi mata Tobit yang buta. Kepada kita diberikan Malaikat Rafael untuk melindungi kita dalam kelemahan karena sakit supaya tidak merasa sendirian dan tetap memiliki pengharapan kepada Allah semata.

Kita beryukur karena melalui Malaikat Agung, kita diberikan pertolongan dalam pengalaman yang mendasar untuk percaya dan berharap kepada Allah satu-satunya sumber segala keselamatan dan kebahagiaan sejati. Dalam pergumulan memilih yang baik dan jahat, mengambil keputusan akan arah hidup atau perutusan, dalam kerapuhan dan kelemahan karena sakit jasmani maupun rohani, Malaikat Agung: Mikhael, Gabriel, dan Rafael mendampingi kita. Kita tidak sendirian berjalan dalam peziarahan hidup ini.

Bapa, utuslah malaikat-Mu untuk melindungi, menerangi, dan membimbing kami. Sucikanlah jiwa raga kami, agar kami pun meneladani hidup suci para malaikat dan lindungilah kami dari segala yang jahat serta bimbinglah kami kepada hidup kekal. Amin 

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SELASA, 29 SEPTEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel