RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020

PEKAN BIASA XXV (Warna Liturgi Hijau)

St. Gerardus dr Hungaria

BACAAN I: Pkh 1:2-11

MAZMUR: 90:3-4.5-6.12-13.14.17

BACAAN INJIL: Luk. 9:7-9

Injil Lukas 9:7-9

Herodes, raja wilayah, mendengar segala yang terjadi itu dan iapun merasa cemas, sebab ada orang yang mengatakan, bahwa Yohanes telah bangkit dari antara orang mati. Ada lagi yang mengatakan, bahwa Elia telah muncul kembali, dan ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit. Tetapi Herodes berkata: "Yohanes telah kupenggal kepalanya. Siapa gerangan Dia ini, yang kabarnya melakukan hal-hal demikian?" Lalu ia berusaha supaya dapat bertemu dengan Yesus.

RENUNGAN:

Tidak ada yang baru di muka bumi ini. Pengkhotbah menyampaikan pemandangannya tentang siklus kehidupan dan perputaran waktu. Kesia-siaan belaka. Tidak ada yang baru dibawah kolong langit. Semua datang dan pergi. Segala sesuatu menjemukan karena berulang dan berputar. Semua itu disampaikan untuk membuat kita semua semakin bijak, tidak mudah patah semangat atau menjadi takabur, tetapi selalu ada dalam sikap optimis dan tetap realistis.

Ada dua cara memandang bentangan sejarah hidup ini, yaitu secara siklis dan secara linear. Secara siklis berarti kita memandang hidup sebagai peristiwa yang terjadi berulang-ulang. Hari ini juga akan terjadi lagi esok dan seterusnya. Sementara secara linear adalah memandang waktu sebagai sesuatu yang bergerak lurus. Apa yang terjadi hari ini tidak akan terulang esok. Kalau pun terjadi peristiwa yang sama, itu juga tidak pernah persis sama sekali. Kita dapat menghadapi kehidupan ini dengan relaks tapi bukan santai atau semau sendiri.

Ibu Theresa Kalkuta mengatakan “Tidak semua dari kita dipanggil bukan untuk melakukan hal besar, luar biasa. Tetapi satu hal yang bisa kita buat adalah melakukan hal-hal biasa dengan kasih yang luar biasa”. Melakukan hal-hal sederhana dengan sepenuh hati dan dengan kasih yang tulus menjadikan hidup kita bermakna. Setia dengan perkara-perkara kecil merupakan keutamaan kristiani.

Tuhan Yesus, kami mohon rahmat-Mu agar kami dapat tekun dan setia dalam segala aktivitas kami yang kadang membosankan. Semoga kami setia dengan pekerjaan kecil yang Engkau percayakan kepada kami. Amin.


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 24 SEPTEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel