RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 25 SEPTEMBER 2020)



RENUNGAN HARIAN KATOLIK

JUMAT, 25 SEPTEMBER 2020

PEKAN BIASA XXV (HIJAU)

St. Nikolas dr Flue

BACAAN I: Pkh. 3:1-11

MAZMUR: 114:1a.2abc.3-4

BACAAN INJIL: Luk. 9:19-22

Injil Lukas 9:19-22

Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun. Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga."

RENUNGAN:

“Segala sesuatu ada waktunya, untuk apa pun dibawah langit ada waktunya. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya”. Dalam pengalaman hidup terdapat dua kutub yang saling berlawanan dan tidak dapat dipisahkan juga. Kedua kutub ini dalam dinamika kehidupan bisa silih berganti saling mengisi. Ada kutub paling dasar dalam kehidupan yang membingkai semua dinamika itu lahir dan mati. Pada kedua kutub inilah manusia tidak bisa memilih dan menentukan, selebihnya tersedia ruang lapang seluas-luasnya untuk menentukan pilihan-pilihan. Dengan demikian, menjadi seperti apa diri kita akhirnya, tergantung pada pilihan-pilihan apa yang kita ambil selama ini. Pilihan dasar kita sebagai orang kristiani adalah memilih Kristus. Jawaban personal atas pernyataan Yesus, “Menurut kamu, Siapakah Aku ini?” itulah yang menentukan wajah hidup kita. 

Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya. Hal itu tidak berarti manusia menjadi pasif dan tidak berbuat apa-apa. Hal itu semestinya menjadi refleksi akhir sebuah rangkaian yang membuat kita bersyukur bahwa Tuhan turut berkarya sehingga akhirnya menjadi baik. Sering kali, hasil akhir tidak selalu sesuai dengan yang kita rencanakan atau harapkan, tetapi kita syukuri semuanya. “Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah” (Rm.8:28).

Oleh karena itu, sebagai insan kristiani kita tetap menjaga etos kerja keras, militansi dan tangguh dalam menghadapi aneka waktu tantangan kehidupan. Seorang bijak mengingatkan perlunya menyediakan waktu untuk hal-hal yang mendasar: Ambilah Waktu... Waktu untuk berpikir, karena itulah sumber kekuatan. Waktu untuk bermain, karena itulah rahasia awet muda. Waktu untuk bersahabat, karena itulah jalan kebahagiaan. Waktu untuk bekerja, karena itulah harga kesuksesan. Waktu untuk berdoa, karena itulah daya yang luar biasa dimuka bumi. Waktu untuk mengasihi dan dikasihi karena itulah jalan Tuhan.

Tuhan Yesus, barilah rahmat yang kami butuhkan untuk semakin mengenal, mencintai, dan mengikuti-Mu sebagai jalan, kebenaran, dan hidup. Amin   


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (JUMAT, 25 SEPTEMBER 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel