RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 26 September 2020)

renungan harian


RENUNGAN HARIAN KATOLIK

SABTU, 26 September 2020

PEKAN BIASA XXV (HIJAU) 

St. Kosmas dan Damianus

BACAAN I: Pkh. 11:9-12:8

MAZMUR: 90:3-4.5-6.12-13.14.17

BACAAN INJIL: Luk. 9:43b-45

Injil Lukas 9:43b-45

Ketika semua orang itu masih heran karena segala yang diperbuat-Nya itu, Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Dengarlah dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia." Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada-Nya.

RENUNGAN:

Hidup ini adalah kesempatan. Kesempatan terbuka luas terutama bagi kaum muda. Pengkhotbah menyapa kaum muda: “Bersukarialah, hai pemuda, dalam kemudaanmu, biarlah hatimu bersuka pada masa mudamu”. Paus Fransiskus dalam banyak kesempatan berjumpa dengan orang muda memberikan nasihat yang menyemangati sekaligus menantang: “Orang muda, janganlah mengubur talenta dan anugerah yang Tuhan karuniakan kepadamu! Jangan takut bermimpi untuk hal-hal besar! Jangan puas diri hidup sebagai orang kristiani setengah-setengah: berjalanlah dengan keyakinan sepanjang jalan kekudusan dan kesempurnaan hidup! Dunia mengajak kita untuk mengejar sukses, kuasa dan uang. Tuhan mengundang kita untuk menjadi rendah hati, melayani, dan mengasihi”.

Yesus menantang para murid-Nya terkait penderitaan dan salib, “Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia”. Reaksi para murid sungguh menarik. Mereka tidak mengerti maksudnya, tetapi mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu, bahkan mereka malah saling bertengkar. Memahami salib memang tidak mudah. Tetapi, dalam iman kita memahami bahwa salib adalah bukti cinta Allah terhadap manusia. Sejak awal, Allah tidak punya rencana lain selain kasih.

Yesus dengan salib-Nya berjalan bersama kita dalam memikul kekuatan, persoalan, dan penderitaan kita. Yesus menerima semua itu dengan tangan terbuka, terentang di kayu salib, dan berseru kepada kita: Jangan takut! Kamu tidak sendirian memanggul salib. Aku telah mengalahkan maut dan memberikan harapan hidup baru yang sejati.

Tuhan Yesus, semoga kami tetap terbuka akan segala kesempatan yang diberikan untuk kami gunakan dengan bijak untuk menggapai hidup sejati. Semoga kaum muda menemukan makna dalam setiap upaya mereka. Amin


0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (SABTU, 26 September 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel