RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 5 AGUSTUS 2020)

 
RENUNGAN HARIAN KATOLIK
RABU, 5 AGUSTUS 2020
PEKAN BIASA XVIII (Warna Liturgi Hijau)
 
Pemberkatan Basilika SP. Maria; St. Nonna
BACAAN I: Yer. 31:1-7
MAZMUR: Yer.31:10.11-12ab.13
BACAAN INJIL: Mat. 15:21-28

Injil Matius 15:21-28
Lalu Yesus pergi dari situ dan menyingkir ke daerah Tirus dan Sidon. Maka datanglah seorang perempuan Kanaan dari daerah itu dan berseru: "Kasihanilah aku, ya Tuhan, Anak Daud, karena anakku perempuan kerasukan setan dan sangat menderita." Tetapi Yesus sama sekali tidak menjawabnya. Lalu murid-murid-Nya datang dan meminta kepada-Nya: "Suruhlah ia pergi, ia mengikuti kita dengan berteriak-teriak." Jawab Yesus: "Aku diutus hanya kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel."
Tetapi perempuan itu mendekat dan menyembah Dia sambil berkata: "Tuhan, tolonglah aku."
Tetapi Yesus menjawab: "Tidak patut mengambil roti yang disediakan bagi anak-anak dan melemparkannya kepada anjing." Kata perempuan itu: "Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya." Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh.

RENUNGAN:
Yeremia menegaskan kembali janji Allah yang setia karena kasih-Nya kepada bangsa Israel. Janji itu tak lain adalah mau menyelamatkan bangsa pilihan itu dari hukuman yang ditimpakan kepada mereka. Inilah yang menjadi jaminan bagi bangsa pilihan itu. Namun, kiranya hanya sebagian saja yang setia dari mereka yang menanggapi firman itu dengan tulus dan jujur. Maka dari itu kita bisa bertanya apakah keselamatan itu hanya bagi bangsa Israel atau juga bagi bangsa lainnya. Allah kiranya mau menyelamatkan semua orang. Seperti yang dikisahkan dalam Injil, pertemuan Yesus dengan seorang wanita Kanaan direfleksikan untuk melihat pelayanan (untuk keselamatan) yang terbuka bagi orang lain, bukan hanya untuk orang Israel melainkan juga untuk orang yang bukan Israel. 
Dan yang menarik dalam Injil hari ini, ditampilkan bagaimana di anatara orang yang bukan Israel ditemukan iman yang otentik, jauh lebih besar daripada iman orang Israel. Iman atau keyakinan wanita Kanaan yang penuh kerendahan hati dan kepercayaan tampak dalam permohonannya bagi anaknya yang sakit.
Kehadiran Yesus di dunia menunjukan tawaran keselamatan yang datang dari Allah itu bersifat universal. Keselamatan itu tidak ekskusif untuk orang Israel saja. Yang diminta Tuhan dari manusia adalah kesiapsediaan untuk menanggapi tawaran keselamatan itu. Menanggapi tawaran keselamatan itu melalui pengakuan akan Yesus Kristus sebagai Putra Allah dan melaksanakan perintah-perintahnya, yaitu perintah untuk saling mengasihi.
Ya Tuhan Yesus, semoga kami dapat mewujudkan kasih-Mu kepada sesama dalam kata maupun perbuatan kami kepada setiap orang yang kami jumpai dalam hidup ini. Amin

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (RABU, 5 AGUSTUS 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel