RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 6 AGUSTUS 2020)


RENUNGAN HARIAN KATOLIK
KAMIS, 6 AGUSTUS 2020
PEKAN BIASA XVIII (Warna Liturgi Putih)

Pesta Yesus Menampakan Kemuliaannya 
BACAAN I: Dan. 7:9-10.13-14
MAZMUR: 97:1-2.5-6.9
BACAAN INJIL: Mat. 17:1-9

Injil Matius 17:1-9
Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia.
Kata Petrus kepada Yesus: "Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia." Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia." Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan. Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: "Berdirilah, jangan takut!" Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorangpun kecuali Yesus seorang diri. Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: "Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati."

RENUNGAN:
Mengikuti Yesus bukan perkara yang mudah. Selalu ada rintangan yang menghadang. Tidak hanya rintangan yang datang dari luar, tetapi juga dari dalam diri kita sendiri. Entah itu merasa bosan, atau bahkan merasa lelah berjalan bersama Yesus. Mengapa? Karena kita sering merasa berjalan secara fisik yang tidak kita kehendaki, maka bisa jadi hal itu melelahkan diri kita secara psikologis. Perlu adanya penyegaran iman melalui berbagai kegiatan seperti rekoleksi, pendalaman Kitab Suci, retret, dan lain-lain. Tuhan pasti tahu akan situasi yang kita alami. Maka, seperti yang kita dengar dalam Injil hari ini, Yesus membawa tiga murid-Nya naik keatas gunung untuk ‘rekoleksi’ sejenak, melihat kembali perjalanan rohani mereka dan menemukan kembali arah yang harus mereka tuju dalam menghayati hidup sebagai murid-murid-Nya.
Para murid, diwakili oleh Petrus, sungguh merasa disegarkan dan merasa bahagia pada saat tinggal bersama Yesus yang menampakan kemuliaan-Nya. Mereka tidak mau turun dan ingin membangun kemah. Namun, Yesus justru menyadarkan mereka untuk turun kerena perjalanan belum selesai. Memang mereka akan menikmati kebahagiaan seperti itu, tetapi belum tiba saatnya. Yang diharapkan Tuhan Yesus supaya para murid tetap semangat dalam mengikuti diri-Nya meskipun akan menemui rintangan, jalan susah atau bahkan jalan buntu.
Ya Tuhan Allah, berilah kami kesegaran rohani sehingga kami dapat bertahan dalam mengikuti jalan-jalan-Mu walaupun berat. Kami percaya dengan mengikuti-Mu kami pasti akan selamat. Amin    

0 Response to "RENUNGAN HARIAN KATOLIK (KAMIS, 6 AGUSTUS 2020)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel